Jika Maurizio Sarri Dipertahankan, Juventus Perlu Revolusi

Football5Star.com, Indonesia – Tim terpuruk, pelatih tersudut. Itu sudah jadi kisah klasik di sepak bola. Kini, hal itu dirasakan oleh Maurizio Sarri. Setelah Juventus disingkirkan Olympique Lyon pada babak 16-besar Liga Champions, Sabtu (8/8/2020) dini hari WIB, sang pelatih mulai disudutkan.

Maurizio Sarri dikabarkan berada dalam posisi tak aman. Meskipun Andrea Agnelli, Presiden Juventus, tak mengisyaratkan pergantian pelatih, ancaman tetap ada. Dalam beberapa hari ke depan, Agnelli akan melakukan evaluasi menyeluruh. Posisi Sarri pasti jadi salah satu poinnya. Apalagi, tagar #SarriOut sudah menggema.

Nasib Sarri yang kini berada di ujung tanduk tak lepas dari perhatian Alessio Tacchinardi. Eks gelandang Juventus itu tak secara eksplisit mendukung atau menolak pemecatan eks pelatih Napoli itu. Dia hanya mengungkapkan satu syarat yang harus dilakukan Agnelli cs. bila mempertahankan sang pelatih.

Getty Images

“Saya yakin, dari menjuarai Serie A lalu disingkirkan Lyon terasa sangat menyakitkan. Jika ingin terus lanjut dengan Sarri, mereka harus melakukan revolusi terhadap bagian besar tim,” urai Tacchinardi seperti dikutip Football5Star.com dari Tuttomercatoweb.

Dalam pandangan Tacchinardi, kegagalan Sarri membawa Juventus berjaya pada pentas Liga Champions tak terlepas dari ketidakcocokan filosofi sepak bolanya dengan para pemain yang ada. Inilah yang harus dibenahi para petinggi I Bianconeri.

Juventus Harus Ganti 6-7 Pemain

Di samping itu, pria yang membela Juventus dari medio 1990-an hingga medio 2000-an tersebut menilai banyak pemain yang sudah kehilangan rasa lapar. Ada banyak pemain yang sudah berada di zona nyaman dan kehilangan ambisi.

forzaroma.info

“Banyak pemain telah mendapatkan gaji tinggi. Tanpa disadari, itu memperlambat pertumbuhan tim,” ujar Tacchinardi. “Itu mencegah tim dari memulai lagi mempercayai para pemain muda menjanjikan seperti yang dilakukan terhadap (Paul) Pogba.”

Sebelumnya, pada akhir Juli, Tacchinardi secara spesifik menyebutkan Juventus harus mengakomodasi filosofi Maurizio Sarri. Caranya dengan mendatangkan pemain-pemain yang sesuai karena materi pemain yang ada saat ini memang tak cocok.

“Mereka harus mengganti setidaknya 6-7 pemain agar gaya main sang pelatih dapat berjalan. Sarri menuntut kedinamisan. Jika ada di Juventus, saya akan mendatangkan para pemain muda yang lapar kesuksesan, lebih utama dari Italia macam (Sandro) Tonali, (Gaetano) Castrovilli, (Nicolo) Zaniolo,” urai Tacchinardi lagi.

Alessio TacchinardiJuventusLiga ItaliaMaurizio Sarriserie a