Joao Felix, Elang Muda Titisan Ronaldo

Football5star.com, Indonesia – Performa Joao Felix mencuri perhatian saat Benfica menjamu Benfica pada leg pertama perempat final Liga Europa di Stadion da Luz, Kamis (11/4/2019).

Benfica menjaga peluang untuk lolos ke semifinal berkat kemenangan 4-2 atas Frankfurt. Felix berkontribusi atas terciptanya semua gol klub berjuluk As Aguias (Si Elang) tersebut.

Felix mencetak tiga gol ke gawang Frankfurt yang dikawal oleh Kevin Trapp, masing-masing pada menit ke-21, 43 dan 54. Winger berusia 19 tahun itu juga mencatatkan assist bagi Ruben Dias pada menit ke-50.

Setelah mencetak hat-trick, Felix emosional dan menitihkan air mata sambil melukan selebrasi bersama rekan-rekan setim. Itu merupakan hat-trick pertamanya dalam karier profesional.

Talenta Felix membuat klub-klub raksasa Eropa kepincut. AS Aguias berpotensi memanen untung besar jika menjual pemain asal Portugal tersebut pada musim panas nanti.

Ukir Rekor
joao felix benfica - Twitter @ProximaJornada1
Selebrasi gol Joao Felix ke gawang Eintracht Frankfurt (Foto: Twitter @ProximaJornada1)

Joao Felix menginspirasi kemenangan Benfica atas Eintracht Frankfurt. Dia mencatatkan hat-trick dan satu assist.

Statistik permainan Felix saat melawan Frankfurt juga patut diacungi jempol. Dia mencatatkan 84 persen akurasi operan, tiga tembakan ke gawang dan empat operan kunci.

Felix juga mengukir rekor sebagai pemain termuda (19 tahun 153 hari) yang membukukan hat-trick di Liga Europa sejak Oktober 2007. Catatan itu terakhir kali dicapai oleh Sergio Aguero bersama Atletico Madrid melawan Kayseri Erciyesspor (19 tahun 124 hari).

Pelatih Frankfrut, Adolf Hutter, terkesan dengan performa impresif Felix. Menurut Hutter, winger As Aguias itu merupakan pemain dengan talenta yang unik.

“Dia membuat kami sangat kesulitan. Dia pemain dengan sentuhan bola dan pergerakan yang bagus. Dia talenta yang unik bagi persepakbolaan Portugal dan Benfica. Jika terus bermaiin seperti itu, dia tidak akan bertahan lama di Benfica

Pesona Elang Muda
joao felix benfica - ESPN
Joao Felix masuk skuat senior Benfica pada musim 2018-19 (Foto: ESPN)

Joao Felix merupakan jebolan akademi Benfica. Bersama tim muda As Aguias, dia melakoni 44 laga dengan koleksi 14 gol dan enam assist.

FC Porto tentu menyesal kehilangan pemain berbakat seperti Felix. Sebelum hijrah ke Benfica, Felix pernah memperkuat tim akademi Porto. Namun, dia ditolak lantaran dinilai tidak punya fisik yang bagus.

Pada musim 2018-19, Felix dipromosikan ke tim senior Benfica. Dia melakoni debut profesional ketika menang dua gol tanpa balas atas Boavista pada 18 Agustus 2018.

Hingga kini, Felix telah mencatatkan 36 penampilan di berbagai ajang bersama As Aguias. Pemain bernomor punggung 79 tersebut mengoleksi 15 gol dan tujuh assist.

Performa apiknya membuat Joao Felix mendapat panggilan dari pelatih timnas Portugal, Fernando Santos. Namun, dia tidak sekalipun bermain dalam dua laga kualifikasi Euro 2020 beberapa waktu lalu.

Comments
Loading...