Joko Driyono Hanya Divonis 1,5 Tahun Penjara

Football5star.com, Indonesia – Mantan Plt Ketum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Joko Driyono divonis hukuman penjara 1 tahun 6 bulan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2019).

Pria yang akrab disapa Jokdri tersebut terbukti bersalah dalam kasus penghilangan barang bukti pengaturan skor Liga 1.

“Menjatuhkan penjara satu tahun enam bulan penjara, dengan Pasal 235 Jo Pasal 233 Pasal 55 ayat 1 ke- dua KUHP,” ujar Hakim Ketua Kartim Haeruddin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan seperti dikutip football5star.com dari kompas.

Dalam amar keputusannya, majelis hakim menyebut bahwa Jokdri terbukti menggerakan atau memerintahkan orang dekatnya untuk menghilangkan barang bukti.

Joko Driyono - PSSI - Football5star

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah meyakinkan menggerakkan orang merusak, membikin (alat bukti) tidak dapat dipakai menghilangkan barang barang yang dipakai untuk meyakinkan sesuatu di depan penguasa yang atas perintah penguasa umum dengan cara memanjat atau menggunakan kunci palsu,”

Keputusan dari majelis hakim ini lebih rendah dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Pihak JPU menuntut Jokdri dengan hukuman penjara dua tahun enam bulan.

Sebelumnya pembelaan atau pledoi dari Jokdri dibantah oleh pihak JPU pada persidangan 15 Juli 2019 lalu. Menurut JPU Sigit Hendradi, Jokdri secara sadar menyuruh dua orang dekatnya, Mardani Morgot dan Mus Mulyadi untuk masuk ke ruangan.

Keduanya kemudian diperintahkan untuk mengambil barang-barang di dalam ruangan, meski ruangan tersebut sudah dipasangi garis polisi.

“Bahwa dari rangkaian fakta yuridis khususnya sikap batin terdakwa. Tampak adanya alur jalinan komunikasi dan kerjasama yang erat antara terdakwa dengan para saksi. Yang dilanjutkan dengan tindakan-tindakan dari para saksi,” ucap Sigit.

Comments
Loading...