Jokowi: Kemenpora, PSSI, dan Suporter Harus Duduk Bersama

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Kabar duka terkait kematian Haringga Sirila sebelum laga Persib vs Persija sampai juga ke telinga Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pria yang akrab disapa Jokowi ini menyatakan bahwa sudah terlalu banyak nyawa yang hilang hanya karena sepak bola. Ditemui rekan-rekan wartawan di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (25/9), beliau menyampaikan duka cita dan perhatiaannya terkait kasus ini.

“Saya sampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Haringga dan ini jumlah kematian yang sangat banyak. 16 nyawa yang hilang itu sudah jumlah yang terlalu banyak. Jangan sampai fanatisme yang berlebihan menjadi kebablasan, sehingga perkelahian-perkelahian ini harus segera dihentikan,” tegas Jokowi seperti kami kutip dari kumparan.

Jokowi
Foto: persib.co.id

Terkait hal ini, Jokowi juga meminta Menpora, PSSI, dan kelompok suporter untuk bisa diajak duduk bersama dan menemukan solusi masalah ini.

“Karena olahraga ini (sepak bola) menjunjung sportivitas, saya sudah minta Kemenpora, PSSI, dan kelompok suporter fanatik itu agar duduk bersama. Ya agar mengatasi bersama supaya hal ini tidak terulang lagi. Ini sudah bolak-balik ada lagi, bolak-balik ada lagi. Perlu ada komitmen bersama-sama agar ini tidak terulang,” tambah Jokowi lagi.

Pihak berwajib sendiri sudah memeriksa dengan intensif sekitar 30 orang terkait pengeroyokan yang menewaskan Haringga. Di antara 30 orang tersebut, polisi sejauh ini telah menetapkan 8 orang sebagai tersangka. Nama-nama delapan orang tersebut adalah Budiman (41), Goni Abdulrahman (20), Cepy Gunawan (20), Aditya Aggara (19), Dadang Supriatna (19), Joko Susilo (31), serta dua orang lagi yang masih di bawah umur, yaitu inisial SM (17) dan DF (16).