Jose Mourinho: Saya Bukan Lagi The Special One

Football5Star.com, Indonesia – The Special One. Begitulah Jose Mourinho menyebut dirinya saat jadi pelatih Chelsea pada 2004. Frasa itu pun lantas jadi julukan pelatih asal Portugal tersebut. Namun, seiring berlalunya waktu, pelatih yang kini menangani Tottenham Hotspur itu menilai julukan itu tak lagi tepat.

Baru-baru ini, Mourinho melontarkan frasa baru yang dirasa cocok dengan dirinya. Dia merasa bukan lagi The Special One, melainkan The Experienced One. Itu tentu tak terlepas dari perjalanan kariernya sebagai pelatih yang sudah berlangsung lama.

The Experienced One. Saya sudah sangat berpengalaman,” kata Jose Mourinho saat ditanya sebutan yang cocok untuk dirinya seperti dikutip Football5Star.com dari ESPN. “Pada dasarnya, semua yang terjadi pada diri saya di sepak bola sekarang adalah deja vu, yaitu sesuatu yang sudah pernah saya alami sebelumnya.”

Mourinho lantas menjelaskan, pelatih berbeda dari pemain. Bagi seorang pelatih, semakin berpengalaman akan semakin baik. Sementara itu, pemain sangat tergantung kondisi fisik.

“Ada pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kondisi fisik seperti pemain sepak bola. Seseorang yang berumur 40 tahun tak lagi punya potensi seperti orang yang berumur 20 atau 30 tahun, kecuali Anda adalah Zlatan Ibrahimovic,” urai The Experinced One.

Lebih lanjut, Mourinho mengatakan, “Menjadi pelatih, Anda hanya butuh otak. Akumulasi pengalaman-pengalaman dan pengetahuan hanya akan membuat Anda semakin baik.”

Mourinho Sudah 20 Tahun Melatih

Jose Mourinho pada September lalu tepat 20 tahun menjalani karier sebagai pelatih. Masa dua dekade tidaklah pendek. Apalagi, dia malang-melintang di level tertinggi bersama klub-klub teras Eropa. Dia pun meraih banyak prestasi.

Jose Mourinho menjuarai Liga Champions bersama FC Porto pada 2003-04.
telegraph.co.uk

Mourinho memulai kiprahnya sebagai pelatih kepala pada 20 September 2000. Oleh manajemen Benfica, dia dipercaya menggantikan Jupp Heynckes. Namun, dia hanya sebentar di sana. Setelah menjalani 10 laga, dia dilepas pada 5 Desember 2000.

Nama Jose Mourinho mulai mencuat bersama FC Porto yang ditangani sejak 23 Januari 2002. Pada musim 2002-03, dia membawa klubnya menjuarai Liga Portugal, Piala Portugal, dan Piala UEFA. Musim berikutnya, secara fenomenal, dia membawa Porto juara Liga Portugal dan Liga Champions.

Total, hingga saat ini, Jose Mourinho telah merebut 23 gelar juara pada berbagai ajang. Di antaranya, dia tiga kali juara Liga Inggris bersama Chelsea, merebut treble winner bersama Inter Milan pada 2009-10, dan sekali juara Liga Spanyol. Kini tangan dinginnya diharapkan mengakhiri puasa gelar Tottenham Hotspur.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More