Jose Mourinho Sekalipun Susah Jamin Timnas Indonesia Masuk 8-Besar Asia

Football5Star.com – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dianggap akan percuma merekrut pelatih dengan nama besar untuk timnas Indonesia. Bahkan, andai Jose Mourinho masuk pun tak bisa menjamin timnas Indonesia bisa masuk ke dalam jajaran delapan besar Asia.

Pendapat itu disuarakan oleh Rahmad Darmawan. Pelatih yang karib disapa RD itu menyebut akan percuma PSSI bisa merekrut pelatih dengan nama besar, seperti Luis Milla, Shin Tae-yong, atau Ruud Gullit sekalipun.

Dia memiliki alasan kalau selama ini pelatih sudah benar memberi porsi latihan dan memotivasi pemain. Ada hal lain, seperti kualitas kompetisi. Dia mencontohkan pemanggilan pemain ke timnas yang tak sesuai dengan jadwal FIFA. Di tengah kompetisi yang masih bertabrakan dengan agenda FIFA, hal itu jelas akan sukar.

Jose Mourinho menegaskan Eric Dier diganti pada laga Tottenham Hotspur vs Olympiakos bukan karena tampil buruk.

Oke kita panggil (Jose Mourinho). Apa ada jaminan membawa level sepak bola kita setara Jepang, Korea, Arab dalam waktu 1 atau 2 tahun? Bisa menjami kita jadi 8 besar Asia? Bahkan, apa bisa jaminan juara Piala AFF 2020?” kata RD dalam sebuah forum diskusi di grup Whatsapp.

Bukan jaminan

Soal mendongrak kualitas permainan, lanjut RD, Indonesia pernah mengontrak pelatih timnas Piala Dunia Meksiko, Ivan Toplak. “Saya pernah ikut sebagai pemain waktu itu, Pra Piala Dunia 1994 kita gagal, SEA games 1993 kita gagal,” sebut dia.

Pernah juga Ivan Kolev yang melatih Indonesia di Piala AFF dan Piala Asia. Dia juga menjadi asisten pelatih saat itu. Tapi pada Piala AFF Indonesia kalah adu penalti dan di Piala Asia sukses menampilkan permainan yang sangat baik ketika itu tapi gagal juga. “Tetap akhirnya penonton enggak butuh penampilan baik, tapi juara,” ujar RD.

Terakhir kali RD menyebut pelatih asing sukses di Indonesia ialah Anatoly Polosin. “Saya pernah empat tahun sebagai pemain beliau. Mainnya jelek, tapi juara SEA Games, meski gagal dalam Piala Kemerdekaan 1996 saat kami di PSSI Garuda kalah melawan PSSI Harimau yang dilatih Almarhum Rusdi Bahalwan kalau enggak salah,” ucapnya.

Comments
Loading...