Jose Mourinho Terlempar dari 3-Besar Pelatih Berpendapatan Terbesar

Football5Star.com, Indonesia – Tak ada Jose Mourinho pada daftar pelatih berpendapatan terbesar yang dirilis France Football. Tak seperti musim lalu, pria asal Portugal itu tak berada di posisi 3-besar. Adapun posisi teratas masih ditempati pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

Dalam daftar yang dirilis France Football pada tahun lalu, Jose Mourinho berada di posisi ke-2. The Special One disebut menerima pendapatan 31 juta euro (sekitar Rp551,7 miliar). Namun, pada daftar terbaru, dia tak ada lagi di sana. Dia terpaut 10 juta euro dari Simeone.

Hal itu tak terlepas dari pemecatan yang dialami Mourinho pada 18 November 2018. Setelah didepak Manchester United, dia harus menganggur hampir setahun. Dia baru kembali mendapatkan pekerjaan setelah digaet Tottenham Hotspur pada 20 November 2019. Akibatnya, pendapatannya menurun jadi hanya 23 juta euro (sekitar 410,1 miliar).

Posisi Jose Mourinho di posisi kedua pelatih berpendapatan terbesar kini ditempati Antonio Conte. Pelatih anyar Inter Milan itu meraup pendapatan total 30 juta euro (sekitar Rp534,2 miliar). Padahal, tahun lalu, dia hanya berada di posisi ke-13 dengan 11,3 juta euro.

Adapun Diego Simeone masih belum tergeser dari posisi teratas. Padahal, pendapatan pelatih asal Argentina tersebut justru turun dari 41 juta euro menjadi hanya 40,5 juta euro (sekitar Rp721,42 miliar).

Pelatih yang senasib dengan Jose Mourinho adalah Thierry Henry. Pelatih asal Prancis itu terlempar dari 3-besar. Padahal, berdasarkan laporan France Football pada 2019, dia berada di posisi ke-3 dengan pendapatan sebesar 25,5 juta euro. Posisinya kini ditempati Pep Guardiola dengan 27,5 juta euro (Rp490,6 miliar). Pada laporan 2019, Guardiola ada di posisi ke-4 dengan pendapatan 3,5 juta euro lebih rendah dari laporan tahun ini.