Joshua Kimmich Bicara Soal Perbandingan dengan Greta Thunberg

Football5Star.com, Indonesia – Joshua Kimmich, gelandang Bayern Munich, mengaku terusik oleh sebutan sebagai Greta Thunberg di sepak bola Jerman. Sebutan itu diberikan legenda Die Roten, Mehmet Scholl, yang menilai dirinya terlalu banyak omong.

Joshua Kimmich tak mau balik menyerang Scholl. Dia hanya menegaskan, siapa pun dapat mengambil tanggung jawab dan angkat suara, tak peduli usianya berapa.

“Aku tak bisa mengatakan apa pun terkait komentar tersebut karena aku memang tak ingin mengomentarinya. Memang benar, sulit mengambil tanggung jawab pada umur 18 atau 19 tahun. Namun, pada umur berapa pun, seseorang bisa mengambil tanggung jawab. Entah itu di sepak bola atau bidang lain,” urai Joshua Kimmich selepas laga Bayern Munich vs RB Leipzig, Senin (10/2/2020) dini hari, seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Mehmet Scholl menyamakan Joshua KImmich dengan Greta Thunberg.
sport.sky.de

Pemain yang juga jadi andalan timnas Jerman itu menegaskan, sikapnya yang vokal di tim adalah bentuk kepedulian dan tanggung jawab. Dia merasa tak ada masalah dengan hal tersebut. “Kukira seseorang tak perlu malu mengambil tanggung jawab hanya karena umurnya masih muda,” kata dia.

Beberapa hari silam, Mehmet Scholl dalam sebuah program radio menyamakan Joshua Kimmich dengan Greta Thunberg, gadis belia asal Swedia yang jadi aktivis lingkungan. Dalam pandangan pemain yang jadi bagian saat timnas Jerman juara Piala Eropa 1996 itu, Kimmich belum punya kapasitas untuk jadi seorang “aktivis”.

“Bagi saya, semua pernyataan dan wawancaranya terlalu berlebihan. Saya pikir dia adalah Greta Thunberg di sepak bola Jerman,” kata Mehmet Scholl. “Dia adalah seseorang yang yakin pada umur 24 tahun harus mengungkapkan semua yang ada di benaknya. Saya kira itu sangat sulit.”

Kritik tersebut sebenarnya sudah ditanggapi langsung oleh pelatih Hansi Flick. Dia menilai tak masalah Joshua Kimmich jadi salah satu juru bicara tim. “Saya suka pemain yang tampil dan mau mengemukakan opininya. Dia di jalur yang benar dan saya puas dengan perkembangannya,” kata dia.