Juergen Klinsmann: Jerman Tak Butuh Pelatih Baru, Tapi Thomas Mueller

Football5Star.com, Indonesia -Eks pelatih timnas Jerman, Juergen Klinsmann, ikut angkat bicara soal kekalahan 0-6 dari Spanyol. Dia menertawakan orang-orang yang meminta Joachim Loew diganti. Menurut dia, Die Mannschaft saat ini hanya perlu sosok seperti Thomas Mueller.

Timnas Jerman mengalami kekalahan memalukan pada matchday VI UEFA Nations League A, Rabu (18/11/2020) dini hari WIB. Di Sevilla, Toni Kroos cs. dihajar enam gol tanpa balas oleh La Furia Roja. Itu jadi kekalahan terbesar sejak 1931. Selepas pertandingan, banyak pihak menyudutkan Loew.

Akan tetapi, di mata Klinsmann, persoalan utama timnas Jerman tak terletak pada diri Loew. Dia pun tak setuju dengan suara-suara uyang meminta sang pelatih diganti sebelum EURO 2020 berlangsung pada tahun depan.

Juergen Klinsmann menilai Joachim Loew tak perlu diganti sebagai pelatih timnas Jerman.
Twitter @globaltimesnews

“Tak perlu pelatih baru. Saya tak melihat ada alasan untuk panik atau meminta adanya pelatih baru. Ada begitu banyak hal yang perlu dibenahi. Anda hanya perlu terbang dan bicara dengan para pemain secara pribadi atau dalam kelompok kecil,” urai Juergen Klinsmann seperti dikutip Football5Star.com dari Sportbuzzer.

Meskipun demikian, Klinsmann secara implisit menyalahkan putusan Loew memensiunkan Thomas Mueller pada Maret tahun lalu. Dia menilai hal itu jadi masalah yang kian besar di timnas Jerman saat ini.

Klinsmann Nilai Jerman Tak Punya Pemimpin

Menurut Juergen Klinsmann, putusan Joachim Loew memensiunkan Mueller membuat timnas Jerman kehilangan sosok pemimpin di lapangan. Apalagi, pada saat yang bersamaan, sang pelatih juga memensiunkan Jerome Boateng dan Mats Hummels.

“Pertanyaan terbesar adalah soal kepemimpinan. Siapa pemimpin sejati di tim ini? Tak ada. Di lapangan, hanya Manuel Neuer sebagai kiper yang mengambil peran ini dalam dua tahun belakangan. Sungguh menyedihkan. Tak ada pemimpin, pribadi yang akan mengirimkan sinyal setelah gol kedua atau ketiga,” ujar Klinsmann.

Joachim Loew butuh sosok pemimpin seperti Thomas Mueller di timnas Jerman.
rtl.de

Pelatih yang sempat menangani Hertha Berlin pada musim lalu itu pun lantas membahas sosok Mueller di Bayern Munich. Dia menilai Der Raumdeuter adalah sosok pemimpin yang membuat Die Roten menyabet treble winner musim lalu.

“Leroy Sane, Serge Gnabry, mereka semua mengikuti Thomas Mueller di lapangan. Itu sebabnya Bayern tak terkalahkan di Liga Champions sejak entah saya tak tahu berapa lama,” ucap Klinsmann lagi.

Menurut Klinsmann, masalah inilah yang perlu diselesaikan, bukan menuntut pergantian pelatih. “Ini masalah besar bagi tim Jerman hanya enam atau tujuh bulan sebelum Piala Eropa dimulai,” kata dia.

Kata-kata Juergen Klinsmann selaras dengan keluhan Loew dan Neuer selepas kekalahan memalukan dari Spanyol. Mereka sama-sama menyebut tak ada komunikasi di lapangan. Ini salah satunya tentu karena tak ada sosok yang berani berteriak, memberi komando, membangkitkan semangat, dan menenangkan tim.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More