Juergen Klopp Bingung Liverpool Terpuruk Meskipun Tampil Dominan

Football5Star.com, Indonesia – Hasil buruk kembali dituai Liverpool. Minggu (21/2/2021) dini hari WIB, tim asuhan Juergen Klopp kalah 0-2 di kandang sendiri dari Everton. Itu kekalahan pertama The Reds dari The Toffees dalam Derbi Merseyside di Anfield sejak 1999.

Kekalahan dari Everton tersebut kian menegaskan keterpurukan Liverpool saat ini. Sejak pergantian tahun, itu jadi kekalahan ke-7 dari 14 laga yang dilakoni Jordan Henderson cs. Itu juga kekalahan keempat secara beruntun di Anfield pada ajang Premier League yang mengulangi aib 98 tahun silam.

Menyikapi rentetan hasil buruk itu, Klopp mengaku bingung. Pria asal Jerman itu tak dapat menjelaskan secara pasti penyebab keterpurukan Liverpool. Dia merasa ada keanehan karena secara permainan, mereka tidaklah buruk.

Liverpool menderita kekalahan ke-7 dalam 14 laga sepanjang 2021 kala ditaklukkan Everton di Anfield.
Getty Images

“Jika saya tak keliru, kami dominan pada kebanyakan pertandingan. Kami kalah pada laga tandang juga ketika benar-benar menguasai permainan melawan Leicester (City),” urai Juergen Klopp selepas laga Liverpool vs Everton seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi klub.

Eks pelatih Borussia Dortmund dan 1.FSV Mainz 05 itu mengakui ada titik lemah di lini belakang karena para bek andalan yang absen karena cedera. Namun, dia menilai itu bukan penyebab tunggal keterpurukan Liverpool saat ini.

“Dominan, tapi tak menang. Itu artinya, pada momen-momen menentukan, kami melakukan kesalahan atau sesuatu yang anaeh terjadi. Begitulah. Ketika kami melakukan kesalahan, 100 persen mereka akan mencetak gol dari itu. Sementara itu, kala kami membuat mereka melakukan kesalahan, itu tak selalu berarti kami akan mencetak gol,” kata Klopp.

Laga melawan Everton pun begitu. Klopp mengungkapkan, “Saya kira semua orang yang menonton laga malam ini akan berkata, ‘Oke, jika kita menonton laga tanpa gol-gol yang tercipta, apa yang akan terjadi?’ Namun, itulah yang terjadi dan ini bukan kali pertama.”

Klopp Sindir Lini Depan?

Akurasi tembakan Mohamed Salah cs. dalam 4 laga terakhir Premier League sangat rendah. dan membuat Juergen Klopp pusing.
Getty Images

Secara tak langsung, Juergen Klopp menyindir lini serang Liverpool yang tak punya efisiensi dalam memanfaatkan peluang. Ada begitu banyak peluang, tapi hanya sedikit gol yang mampu dibuat.

Statistik dalam empat kekalahan terakhir yang dialami Liverpool memperkuat penilaian Klopp. Mohamed Salah dkk. tercatat melepaskan 49 tembakan atau 12 tembakan per laga. Namun, tingkat akurasinya hanya 28,57%. Dalam empat laga itu pun, mereka hanya mampu mencetak 3 gol atau hanya 21,43% dari total tembakan akurat yang dilepaskan.

Satu hal yang patut juga diperhatikan, dari total 49 tembakan yang dilepaskan anak-anak asuh Juergen Klopp, 19 di antaranya ternyata mampu diblok lawan. Adakah ini berarti para bek lawan sudah memahami karakteristik tembakan yang dilepaskan Salah cs.?

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More