Juergen Klopp Bingung Orang Inggris Tak Pakai Masker Selama Lockdown

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, kaget banyak sekali orang di Inggris yang tidak memakai masker selama masa lockdown karena pandemi virus corona. Padahal dia menyuruh pemain-pemainnya untuk memakai masker ke manapun mereka pergi.

Premier League akan dimulai kembali pada pertengahan Juni dan klub-klub sudah diizinkan untuk melakukan sesi latihan. Klopp menilai tempat latihan Liverpool, Melwood, sudah bersih dari virus corona walaupun dia harus tetap waspada.

“Ya, itu terasa 100% lingkungan yang aman, tetapi kita tidak pernah bisa yakin bahwa itu akan terjadi dan tidak akan ada infeksi. Kami masih punya kehidupan normal, para pemain sangat disiplin. Ini sudah 11 minggu, yang mana orang dengan usia ini adalah tantangan,” ucap Klopp seperti dilansir Football5Star.com dari BBC 5 Live.

juergen klopp-liverpool@LFC
@LFC

Mantan pelatih Dortmund itu melanjutkan, “untuk kami semua itu adalah tantangan, tapi untuk pemain terutama. Kami pergi ke pom bensin, kami butuh bensin, makan, barang-barang seperti ini.

Tapi, Klopp tak mengerti kenapa banya orang Inggris tidak memakan masker selama lockdown. Padahal di tempat asalnya, Jerman, itu sangat membantu.

“Kami memakai masker, yang mana saya tidak mengerti mengapa tidak semua orang di Inggris, terutama di area yang berdekatan, tidak memakai masker dan sarung tangan. Saya tidak mengerti itu, padahal di Jerman itu sangat membantu. Saya bukan ahli tapi itu sangat membantu,” ujar Juergen Klopp.

Pelatih asal Jerman itu melanjutkan, “kami berkata kepada para pemain, jika mereka pergi keluar saya ingin mereka memakai masker dan sarung tangan. Jadi dari sudut pandang mereka tidak ada yang bisa terjadi. Manusia adalah risiko terbesar bagi manusia. Kadang-kadang kita adalah musuh terbesar kita sendiri, jadi kita harus tetap disiplin, dan kita akan melakukannya.”