Juergen Klopp: Liverpool Harus Lupakan Perburuan Gelar Juara

Football5Star.com, Indonesia – Juergen Klopp, manajer Liverpool, menegaskan timnya tak perlu bicara soal gelar juara pada saat ini. Hal itu diungkapkan setelah The Reds secara mengejutkan kalah 0-1 dari Burnley di kandang sendiri, Stadion Anfield, pada lanjutan Liga Inggris.

Klopp mengaku sulit mencerna kekalahan yang menyudahi rentetan 68 laga tak terkalahkan di Anfield pada pentas Premier League. Kekalahan terakhir dialami di sana dari Crystal Palace pada 23 April 2017. Kala itu, mereka takluk 1-2.

Hal yang membuat Klopp tak habis pikir, hasil melawan Burnley membuat Liverpool tak menang dalam lima laga terakhir pada pentas Premier League. Sudah begitu, mereka pun gagal mencetak gol dalam empat laga beruntun. Tak heran bila sang manajer menegaskan, tak pantas bagi The Reds bicara soal perburuan gelar juara.

“Betapa menggelikan bila saya duduk di sini, setelah kalah dari Burnley, tak mencetak gol dalam tiga atau empat pertandingan -saya tak tahu pastinya- dan bicara soal perburuan gelar juara? Betapa lucunya itu?” ujar Juergen Klopp seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi Liverpool.

Fokus utama Liverpool saat ini, kata Klopp, bukan berkoar-koar soal gelar juara Premier League. “Kami harus memenangi pertandingan. Selalu seperti itu. Untuk itu, kami harus mencetak gol. Itu sebuah kepastian. Itu sebabnya, kami harus berubah dan bekerja lebih baik,” kata dia.

Klopp Tak Salahkan Pemain

Meskipun kecewa berat atas hasil laga Liverpool vs Burnley di Stadion Anfield, Juergen Klopp tak lantas menyudutkan para pemainnya. Dia menegaskan, kesalahan ada pada dirinya. Eks pelatih Borussia Dortmund itu pun menilai kekalahan tersebut menggambarkan para pemainnya bukanlah manusia super atau robot.

“Ini menunjukkan banyak hal. Para pemain sebelum ini telah menunjukkan konsistensi luar biasa. Kini, kita melihat mereka hanyalah manusia bisa,” ujar Klopp.

Sebagai manajer, Klopp sadar bahwa hal terpenting saat ini adalah membangkitkan kembali timnya. Dia yakin hal itu bisa dilakukan. “Kami bisa berbuat lebih dengan skuat ini. Kami bisa bermain sepak bola lebih baik. Itu yang jadi perhatian saya,” ucap dia.

Lebih jauh, Juergen Klopp mengungkapkan, performa Liverpool tidaklah menurun drastis. Mereka hanya kehilangan 10 persen yang menentukan. Itulah yang akan jadi perhatian utamanya jelang laga melawan Tottenham Hotspur pada tengah pekan nanti.

Juergen KloppLiga InggrisLiverpoolPremier League