Juergen Klopp Samai Capaian Thomas Tuchel dan Bernd Schuster

Football5star.com, Indonesia – Juergen Klopp sukses membawa Liverpool juara Liga Inggris ke-19. Capaian ini membuat namanya kini bersanding dengan dua pelatih asal Jerman lain, Thomas Tuchel dan Bernd Schuster.

Ya, cuma mereka pelatih asal Jerman yang sukses mengangkat trofi di salah satu lima liga top Eropa di luar Bundesliga. Thomas Tuchel membawa Paris Saint-Germain juara Ligue 1 Prancis pada musim 2018-2019 dan 2019-2020.

Sedangkan Bernd Schuster sukses mengangkat gelar LaLiga bersama Real Madrid musim 2007-2008. Dan Juergen Klopp menjadi pelatih Jerman ketiga yang sukses di luar negeri.

Pelatih Liverpool juga bisa berbangga. Di antara mereka hanya dia yang mampu juara Bundesliga saat membawa Borussia Dortmund ke puncak singgasana musim 2010-2011 dan 2011-2012.

Sedangkan Schuster dan Tuchel gagal berprestasi di negaranya sendiri. Khusus untuk Schuster, dia memang lebih banyak berkarier di Spanyol. Pelatih 60 tahun ini hanya melatih dua klub Jerman, yaitu Fortuna Koeln dan FC Koeln pada awal karier kepelatihannya.

Adapun Tuchel yang pernah menangani FC Mainz dan suksesor Klopp di Dortmund hanya meraih gelar DFB Pokal musim 2016-2017.

Tidak cuma itu, Juergen Klopp juga membukukan sejarah baru. Ia adalah pelatih pertama Jerman yang mengangkat trofi Premier League dan pelatih pertama Jerman yang mampu juara liga di dua kompetisi berbeda.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More