Julen Lopetegui Resmi Jadi Pelatih Baru Sevilla

Football5star.com, Indonesia – Julen Lopetegui resmi diumumkan sebagai pelatih baru Sevilla. Dengan demikian, berakhir sudah masa pengangguran Lopetegui sejak dipecat Real Madrid pada akhir Oktober 2018.

Pada Selasa (4/6/2019), Sevilla mengumumkan kesepakatan dengan pelatih asal Basque itu. Julen Lopetegui sah jadi pelatih baru Sevilla dengan durasi kontrak tiga tahun, atau sampai Juni 2022.

Keputusan mengontrak Julen Lopetegui merupakan masukan langsung dari sang direktur, Monchi. Kebetulan, Monchi pun baru kembali ke Sevilla pada awal musim 2018-2019 setelah sempat berpetualang ke Italia bersama AS Roma.

“Sevilla FC dan Julen Lopetegui Argote telah mencapai kesepakatan. Pelatih berusia 53 tahun itu akan mengambil alih tugas di Nevion untu durasi tiga musim ke depan. Pelatih asal Basque tersebut tiba di Sevilla pada Selasa, dan akan diperkenalkan ke publik Rabu,” bunyi pernyataan yang dikutip Football5star.com dari laman resmi Sevilla.

Di Sevilla, Julen Lopetegui menggantikan tugas Joaquin Caparros, yang mengisi pos pelatih selepas Pablo Machin dipecat pada Maret 2019. Dalam beberapa tahun terakhir, klub asal Andalusia itu memang cukup sering berganti pelatih.

Eduardo Berizzo dan Vincenzo Montella pun pernah mencicipi kursi panas klub yang bermarkas di Stadion Ramon Sanchez Pizuan tersebut.

KARIER KEPELATIHAN LOPETEGUI

Selama kariernya, Lopetegui baru beberapa kali menjabat sebagai pelatih kepala. Karier sebagai pelatih kepala klub dibuka di Rayo Vallecano, tak lama setelah memutuskan pensiun sebagai pesepak bola.

Selepas itu, dia juga pernah mencicipi karier pelatih di FC Porto dan terakhir di Real Madrid. Di level timnas Spanyol, Lopetegui pernah merasakan atmosfer melatih di berbagai level usia, sejak U-19, U-20, U-21, hingga timnas senior Spanyol pada Juli 2016.

Bersama Sevilla, Julen Lopetegui mendapat mandat mengangkat kembali prestasi tim ke jajaran elite Liga Spanyol dan juga Eropa. Apalagi, pada musim 2018-2019 Sevilla cuma menempati peringkat keenam dan gagal lolos ke Liga Champions.

Padahal, Sevilla selama ini dikenal sebagai salah satu pesaing utama dua tim terbaik Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Comments
Loading...