Julen Lopetegui Tuding Wasit Bantu Barcelona Kalahkan Sevilla

Football5Star.com, Indonesia – Julen Lopetegui, pelatih Sevilla, menuding wasit Jose Maria Sanchez Martinez tak berlaku adil pada laga leg II semifinal Copa del Rey. Dia menilai sang wasit cenderung memihak Barcelona yang akhirnya lolos ke final setelah menang 3-0.

Hal yang menjadi sorotan Lopetegui adalah putusan Sanchez Martinez tak mengusir Oscar Mingueza saat menjatuhkan Lucas Ocampos di kotak penalti. Dia menilai hal tersebut sangat memengaruhi hasil akhir pertandingan. Apalagi kemudian Los Nervionenses malah kehilangan Fernando yang menerima kartu kuning kedua.

“Kami hanya bisa berikan sedikit komentar karena jika bicara banyak, kita tahu apa yang akan terjadi. Saya kira tindakan wasit terhadap Mingueza tidaklah tepat karena itu adalah kans besar untuk mencetak gol,” urai Julen Lopetegui seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi Sevilla.

Lopetegui juga mengungkapkan hal lain terkait kepemimpinan wasit laga Barcelona vs Sevilla. “Lihat saja dan nilai sendiri. Jika saya yang mengatakanny, saya pasti dikenai sanksi. Lihat juga aksi (Clement) Lenglet. Namun, wasit punya pandangan lain dan saya tak bisa bicara lagi,” ujar dia.

Lebih lanjut, Lopetegui coba bersikap bijak. Menurut dia, seperti halnya para pemain, para wasit juga bisa melakukan kesalahan di lapangan. Hal itu jadi bagian yang harus diterima dengan lapang dada walaupun sakitnya tak terperi.

Lopetegui Minta Sevilla Segera Bangkit

Soal kekalahan dramatis yang membuat Sevilla gagal lolos ke final Copa del Rey, Julen Lopetegui menyebutnya sebagai sisi kejam dari sepak bola. Di Camp Nou, kekejaman itu sempurna bagi Los Nervionenses.

“Pertandingan ini memberi kami pengalaman tentang bagian terkejam sepak bola. Kami tersisih lewat aksi terakhir pada pertandingan dan main dengan 10 pemain ketika lawan juga seharusnya bermain dengan 10 pemain,” urai Lopetegui lagi.

Getty Images

Lopetegui menjelaskan, para pemainnya sangat terpukul oleh kekalahan dramatis dari Barcelona itu. Dia memaklumi hal itu. Namun, dia berharap Ivan Rakitic cs. segera bangkit dan melupakan malam jahanam di Camp Nou tersebut.

“Kami telah mengalami bagian terpahit dari sepak bola. Kami harus secepatnya bangkit dan memikirkan laga LaLiga. Kami bersedih, tapi pada saat bersamaan bangga atas usaha yang dilakukan tim hingga babak perpanjangan waktu,” kata Lopetegui.

Sevilla memang tak bisa terus larut dalam kesedihan dan kekecewaan. Akhir pekan nanti, tim asuhan Julen Lopetegui dijadwalkan melawat ke kandang Elche. Andai tak fokus, tren buruk bisa saja terus berlanjut. Patut dicatat, Los Nervionenses hanya 1 kali menang dalam 4 laga terakhir.

Barcelonacopa del reyJulen LopeteguiLiga SpanyolSevilla