Juventus Bisa Pastikan Juara Liga Italia Jumat Nanti, Ini Syaratnya

Football5Star.com, Indonesia – Kemenangan 2-1 atas Lazio, Selasa (21/7/2020) dini hari WIB, membawa Juventus tinggal selangkah lagi juara Liga Italia. I Bianconeri bahkan dapat memastikan hal tersebut pada laga giornata ke-35, Jumat (24/7/2020) dini hari WIB.

Saat ini, berkat kemenangan atas Lazio, Juventus memimpin classifica Serie A dengan 80 poin. Tim asuhan Maurizio Sarri memperlebar keunggulan dari rival terdekat, Inter Milan, jadi 8 poin. Gara-garanya, I Nerazzurri hanya imbang 2-2 di kandang AS Roma pada giornata ke-34. Hasil imbang juga dituai Atalanta, sang peringkat ketiga, di markas Hellas Verona.

Menilik selisih poin saat ini, I Bianconeri punya peluang memastikan gelar juara pada giornata ke-35. Setidaknya ada dua skenario yang dapat membuat Cristiano Ronaldo cs. merengkuh Scudetto untuk kali kesembilan secara beruntun. Berikut ini, Football5Star.com coba menggambarkannya.

Skenario Pertama:

Inter Milan tak boleh kalah pada giornata ke-35 jika tak ingin Juventus memastikan juara.
tuttomercatoweb.com

Inter Milan gagal menang atas Fiorentina, sementara Juventus menang atas Udinese. Hasil ini akan membuat I Bianconeri unggul 10 atau 11 poin atas I Nerazzurri. Perolehan poin tim asuhan Maurizio Sarri tak akan terkejar karena hanya ada tiga laga sisa.

Bagaimana bila pada pekan tersebut Atalanta yang tertinggal 9 poin juga menang? Kemenangan La Dea atas Bologna tak akan berarti apa-apa. Mereka memang akan naik ke posisi kedua dan masih mungkin menyamai perolehan poin I Bianconeri. Namun, tak mungkin menggagalkan Ronaldo dkk. juara.

Itu karena Atalanta kalah head to head. Dalam dua pertemuan musim ini, La Dea tak menang atas I Bianconeri. Pada paruh pertama, tim asuhan Gian Piero Gasperini kalah 1-3. Sementara itu, pada paruh kedua di kandang sendiri, mereka hanya menuai hasil imbang 2-2.

Skenario Kedua:

Atalanta tak akan dapat menggagalkan Juventus juara dengan hanya menyamai perolehan poin.
tuttomercatoweb.com

Atalanta kalah atau seri melawan Bologna, sedangkan Inter kalah dari Fiorentina. Bila ini yang terjadi, Juventus hanya tak boleh kalah saat menghadapi Udinese. Andai seri pun, gelar juara Liga Italia akan ada dalam genggaman.

Bila Juventus hanya imbang, mereka akan memimpin klasemen dengan 81 poin. Berikutnya, Inter dengan 72 poin, lalu Atalanta dengan 72 atau 71 poin. Selisih poin dengan kedua rival berat itu akan jadi 9 dan masih bisa dikejar dalam tiga laga sisa.

Akan tetapi, I Bianconeri diuntungkan satu hal. Itu adalah pertemuan La Dea dengan I Nerazzurri pada pekan terakhir. Artinya, hanya satu tim yang mungkin meraih 9 poin. Siapa pun itu, tak masalah bagi Ronaldo dkk. karena unggul head to head dari kedua rival tersebut.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More