Juventus Juara, 8 Tim Pastikan Tampil di Liga Champions 2019-20

Football5star.com, Indonesia – Juventus mengunci gelar juara Liga Italia Serie A 2018-19. Keberhasilan itu membuat 8 tim sudah dipastikan tampil di fase grup Liga Champions 2019-20.

Juventus mengunci Scudetto atau juara Liga Italia Serie A 2018-19 usai menang 2-1 atas Fiorentina di Stadion Allianz, Minggu (21/4) WIB. Juventus kini mengumpulkan 87 poin, unggul 20 angka atas Napoli yang punya enam laga tersisa.

Sejauh ini, Juventus pun menjadi tim pertama dari Liga Italia yang memastikan tampil di fase grup Liga Champions 2018-19. Selain itu, Juventus juga menjadi partisipan pertama Liga Champions 2019-20 yang sudah memastikan gelar juara liga.

Selain Juventus, sudah ada tujuh tim yang dipastikan tampil di Liga Champions 2019-20. Namun, ketujuh klub itu belum ada yang mengunci gelar juara liga.

Di Spanyol, ada Barcelona dan Atletico Madrid yang sudah mengantongi tiket ke Liga Champions 2019-20. Sementara dari Liga Inggris, tiket serupa sudah diraih Manchester City dan Liverpool. Kedua tim sampai saat ini masih bersaing ketat untuk menjuarai Premier League.

Dua dari empat tiket jatah Jerman sudah dikantongi Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Sementara, satu tim tersisa yang sudah pasti bersaing di fase grup Liga Champions musim depan adalah Paris Saint-Germain (PSG) dari Liga Prancis Ligue 1.

UEFA memberi jatah 26 tim yang langsung tampil di fase grup. Perinciannya adalah 4 tim Inggris, 4 tim Spanyol, 4 tim Italia, 4 tim Jerman, 2 tim Prancis, 2 tm Rusia, serta masing-masing 1 tim dari Portugal, Ukraina, Belgia, dan Turki. Dua lainnya diambil dari juara bertahan Liga Champions serta Liga Europa.

Selain 26 tim langsung ke fase grup, UEFA juga memastikan Pot 1 undian akan ditempati juara liga dari Spanyol, Inggris, Italia, Jerman, Prancis, dan Rusia. Dua lainnya menjadi milik juara bertahan Liga Champions serta Liga Europa.

Penguasa Liga Portugal dan Ukraina bisa saja menempati pot 1 andai juara Liga Champions dan Liga Europa, juga merebut gelar di antara enam liga domestik sesuai ranking teratas UEFA.

Daftar tim yang pasti dan berpeluang tampil di fase grup Liga Champions 2019-20:

SPANYOL: Barcelona, Atlético Madrid, Real Madrid, Sevilla
INGGRIS: Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur, Arsenal
ITALIA: Juventus, Napoli, Inter Milano, AC Milan
JERMAN: Bayern Munich, Dortmund, RB Leipzig, Frankfurt
PRANCIS: Paris Saint-Germain, LOSC Lille
RUSIA: Zenit St Petersburg, Lokomotiv Moskva
PORTUGAL: Porto
UKRAINA: Shakhtar Donetsk
BELGIA: Genk

Tim yang dicetak tebal pastikan tampil di fase grup Liga Champions 2019-20

JuventusLiga ChampionsLiga Italia