Juventus, Lawan Tak Tertaklukkan Lorenzo Insigne dari Titik Penalti

Football5Star.com, Indonesia – Ada satu pemandangan penuh haru setelah wasit Paolo Valeri menyudahi laga Juventus vs Napoli, Kamis (21/1/2021) dini hari WIB. Di bangku cadangan I Partenopei, Lorenzo Insigne tak kuasa menahan derai air matanya.

Laga Supercoppa Italiana melawan Juventus memang menyakitkan bagi Insigne. Sangat mungkin, dia tak akan mau mengingat pertandingan yang berakhir kekalahan 0-2 bagi Napoli itu. Pasalnya, dia punya andil besar pada kekalahan tersebut.

Saat kedudukan 1-0 untuk Juventus, Napoli mendapatkan penalti pada menit ke-80 setelah Valeri menyatakan Weston McKennie melanggar Dries Mertens di kotak penalti. Insigne lantas maju sebagai algojo. Namun, eksekusinya melebar. Padahal, kiper Wojciech Szczesny sudah bergerak ke arah berlawanan.

Andai saja eksekusi penalti Insigne melesak mulus, kedudukan akan imbang 1-1 dan jalan cerita mungkin berbeda. Gol kedua yang dibuat Alvaro Morata pada pengujung injury time pun mungkin saja tak terjadi. Namun, faktanya, penalti itu telah gagal dan Napoli harus kalah 0-2.

Di benaknya, Insigne mungkin kini bertana-tanya, “Mengapa aku selalu gagal setiap kali mengeksekusi penalti pada laga lawan Juventus?” Bukan apa-apa, kegagalan penalti di Stadion Mapei adalah yang ketiga saat menghadapi I Bianconeri.

Insigne Baru 4 Kali Gagal

Pertanyaan kian besar karena Lorenzo Insigne baru 4 kali gagal menjaringkan bola dari titik penalti di luar adu penalti dan 75% di antaranya saat melawan Juventus. Satu kegagalan lain dialami pada ajang Liga Champions melawan Besiktas pada musim 2016-17.

Kegagalan penalti pertama Insigne saat menghadapi Juventus dialami saat Napoli melawat ke Stadion Allianz pada 23 Mei 2015. Eksekusinya mampu ditahan Gianluigi Buffon. Namun, bola muntah lantas mampu dijaringkan David Lopez. Itu adalah eksekusi pertama Insigne di Serie A.

Adapun kegagalan kedua dialami Insigne pada 3 Maret 2019. Kali ini di San Paolo. Napoli mendapatkan penalti setelah Alex Sandro handball di kotak terlarang pada menit ke-83. Seperti halnya pada laga Supercoppa Italiana 2020-21, Insigne gagal menaklukkan Szczesny karena eksekusinya tak tepat sasaran. Bola membentur tiang gawang.

Kegagalan penalti Lorenzo Insigne pun selalu berujung buruk. Napoli selalu kalah. Dalam tiga laga melawan Juventus, I Partenopei takluk 1-3, 1-2, dan 0-2. Sementara itu, kala melawan Besiktas, timnya kalah 2-3.

JuventusLiga ItaliaLorenzo InsigneNapoliserie aSupercoppa Italiana