Juventus vs Milan, Duel Kiper Beda Generasi

Saat Juventus dan AC Milan berjibaku di lapangan Juventus Stadium, Sabtu (21/11) nanti, akan tersaji pemandangan unik di bawah mistar gawang kedua tim. Dua kiper beda generasi berduel untuk kali pertama. Namun, keduanya sama-sama bernama Gianluigi.

Gianluigi Buffon dan Gianluigi Donnarumma terpaut jarak usia lebih dari 20 tahun. Saat Buffon menjalani debut Serie A bersama Parma, Donnarumma bahkan belum lahir. Menariknya, laga debut Buffon adalah menghadapi Milan, klub kebanggaan Donnarumma.

Donnarumma muncul ke permukaan setelah Milan gagal meraih cleansheet dalam 8 laga awal Serie A. Pelatih Sinisa Mihajlovic merasa ada yang tak beres. Dia lantas mencopot Diego Lopez dan memainkan seorang bocah berumur 16 tahun. Donnarumma pun tercatat sebagai pemain kedua termuda yang merasakan debut untuk Milan, di bawah Paolo Maldini.

Sejak Donnarumma jadi pilihan utama, dua kali gawang Milan perawan, yaitu saat menghadapi Chievo Verona dan Atalanta. Empat laga yang sudah dijalaninya berakhir dengan tiga kemenangan dan satu hasil seri. Tapi, yang lebih penting dibanding angka-angka itu adalah apa yang ditunjukkan Donnarumma di bawah mistar gawang.

Vincenzo Di Palma, pelatih kiper timnas Italia dan orang yang menemukan bakat Buffon, pun melihat persamaan antara Donnarumma dan Buffon. Sebagai informasi, Buffon juga mengawali karier di Serie A pada usia yang sangat muda, 17 tahun.

“Buffon punya kaki yang besar. Sangat susah mencetak gol ke gawangnya saat dia muda. Saya punya perasaan yang sama soal Donnarumma. Dia kiper modern yang bisa menutup seluruh area gawang dan mampu menjangkau tembakan yang sulit,” ujar Di Palma.

Sudah jadi kebiasaan di Italia saat ini, bahwa setiap ada kiper muda yang naik daun, mereka akan dikait-kaitkan dengan Buffon. Donnarumma bukan pengecualian. Meski berharap jadi ikon Milan di masa depan, Donnarumma tak menampik bahwa Buffon adalah idolanya. Bahkan, dia berniat bertukar seragam dengan sang idola di ujung laga nanti.

Jika Buffon ditampilkan kontra Milan, mengingat kondisi fisiknya yang agak diragukan, itu akan jadi ke-36 kalinya Buffon menghadapi Milan. Kiper 37 tahun itu lebih sering meraih kemenangan, dengan rincian 15 kali menang, 12 kali seri, dan 8 kali kalah.

AC MilanGianluigi BuffonGianluigi DonnarummaJuventusJuventus vs AC Milan