Juventus Wajib Waspadai Dusan Tadic

Football5star.com, Indonesia – Massimiliano Allegri wajib berpikir keras di laga leg kedua babak perempat final Liga Champions melawan AFC Ajax, Rabu (17/4/2019). Allegri setidaknya wajib punya cara untuk mematikan seorang Dusan Tadic.

Pemain Ajax asal Serbia ini memiliki kans cukup besar untuk membuat Juventus malu di hadapan para pendukungnya sendiri. Sama seperti David Neres di pertandingan leg pertama, Tadic juga sama mematikannya jika berada di depan gawang lawan.

Setelah jalani empat musim biasa-biasa saja di Liga Inggris bersama Southampton, Dusan Tadic langsung cemerlang di Liga Belanda.

Uang sebesar 11,4 juta euro yang dibayarkan Ajax ke Southampton tak percuma. Tadic mampu jadi bomber berbahaya Ajax.

Dusan Tadic ajax amsterdam real madrid

Statistik menunjukkan bahwa Tadic cukup moncer urusan merobek gawang lawan. Dari 30 penampilan di Liga Belanda, pemain yang bisa berposisi sebagi sayap kiri, gelandang serang bahkan striker tunggal sudah mengoleksi 22 gol.

Selain torehkan 22 gol, ia juga jadi penyumbang assist terbanyak Ajax yakni sebanyak 12 assist. Kombinasi Tadic, Hakim Ziyech, David Neres, dan Klaas-Jan Huntelaar membuat Ajax begitu menakutkan di musim ini.

Klub sebesar Real Madrid pernah merasakan bahayanya kombinasi para pemain Ajax ini. Tadic ikut menyumbang satu gol di Stadion Santiago Bernabeu beberapa waktu lalu.

Penampilan Tadic bahkan membuatnya mendapat nilai 10/10 dari media olahraga asal Prancis, L’Equipe. Nilai sempurna itu sangat jarang diberikan L’Equipe pada satu pemain.

Karakter permainan Tadic

Sebagai seorang playmaker, Tadic memiliki kapasitas sebagai pesepak bola modern dengan kualitas mumpuni. Saat baru digaet oleh Southampton dari Twente, ia dianggap sebagai pemain yang mirip dengan seorang Adam Lallana.

Pelatih Southampton kala itu, Ronald Koeman menganggap gaya dan karakter permainan Tadic sangat cocok di kompetisi sepak bola menyerang.

Perannya sebagai playmaker membuat aluran bol dari lini tengah terjaga konsistensinya. Pelatih Ajax, Eric ten Hag mengatakan bahwa Tadic memiliki kemampuan membaca arah bola dan posisi lawan.

“Tadic memiliki kualitas pemain yang sangat hebat. Dia tahu posisi dan arah pemain lawan. Umpannya selalu akurat. Selain itu dia memiliki tendangan yang fenomenal,” kata ten Hag.

Apa yang dikatakan ten Hag memang sesuai data. Passing pemain bernomor punggung 10 itu mencapai angka 75.6 persen per pertandingan.

Selain itu, Tadic juga memiliki karakteristik pemimpin di tim. Ten Hag sangat terbantu dengan sifat dari pemain kelahiran 20 November 1988 tersebut.

“Ia menjadi contoh untuk rekan-rekannya yang lain. Kami memiliki banyak pemain muda dan Tadic sangat membantu perkembangan mereka.” tutup ten Hag.

Comments
Loading...