Kabar Duka! Eks Pemain Arema, Francis Yonga Meninggal Dunia

Football5star.com, Indonesia – Kabar duka datang dari eks pemain Arema dan Persikota, Francis Yonga. Pemain asal Kamerun tersebut, Kamis (20/8/2020) menghembus nafas terakhirnya akibat sakit.

Kabar meninggalnya Francis Yonga juga disampaikan Franco Hita di akun Instagram pribadinya. Mantan rekan Yonga di Arema itu mengucapkan duka cita mendalam atas meninggalnya Franics Yonga.

“Sampai jumpa my brother di sisi Tuhan. Kamu adalah singa dari Kamerun. Saya senang bisa satu tim dan juara sama-sama,” tulis Hita.

instagram.com/francohita_9

Setelah memutuskan gantung sepatu dari lapangan hijau, Yonga menetap di Indonesia karena memiliki istri WNI. Profesi sebagai agen pemain sepak bola, utamanya mereka yang berasal dari Afrika, digelutinya hingga akhir hayat.

Di sosial media Twitter juga ramai beredar video saat Yonga tengah dibawa ke rumah sakit hingga dikuburkan. Belum ada keterangan resmi dari pihak keluarga tentang penyebab meninggalnya Yonga.

Karier Yonga di Liga Indonesia

Yonga mulai berkarier di Indonesia saat membela Arema pada perhelatan Ligina 2005. Pemain berposisi gelandang ini melakoni debutnya saat Singo Edan kalahkan PSS Sleman 4-0 pada 6 Maret 2005. Saat itu, Yonga langsung mencetak gol perdananya.

Pada ajang Copa Dji Sam Soe, Yonga berhasil membawa Arema ke partai puncak dan menantang Persija di Stadion Gelora Bung Karno. Arema sukses mengalahkan Persija 4-3 lewat babak tambahan waktu. Arema pun didapuk sebagai juara Copa Indonesia 2005.

Karier Yonga kemudian dilanjutkan ke Persikota Tangerang. Dikutip dari kumparan, Yonga mengaku bahwa saat itu ia menerima tawaran bergabung ke Persikota karena Maboang Kessack.

“Maboang Kessack cerita tentang target tinggi dari tim. Persikota ingin lolos ke Divisi Utama waktu itu, mereka juga memiliki pemain-pemain bagus. Setelah saya masuk tim, saya kerasan dan jatuh cinta dengan Persikota.” ucap Yonga pada 2019 lalu.

Arema FCEntertainmentFrancis Yonga