Kabar Duka! Legenda Sepak Bola Indonesia Meninggal Dunia

Football5star.com, Indonesia – Duka menyelimuti sepak bola di tanah air. Salah satu legenda sepak bola Indonesia, Tumpak Uli Sihite, meninggal dunia pada usia 77 tahun, Kamis (20/6).

Tumpak Sihite dikenal tak cuma sebagai pelatih kawakan. Dia pun malang melintang di sepak bola Indonesia sebagai pemain. Namanya besar bersama PSMS Medan. Dia bahkan pernah membawa PSMS Medan menjuarai kompetisi era perserikatan pada 1969-1971.

Tumpak memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada 1973. Setelah itu, Tumpak menangani sejumlah klub di Indonesia. Klub asal Sumatera seperti PSDS Deli Serdang, PSPS Riau, dan PS Batam, pernah ditangani Tumpak Sihite.

Pelatih yang dikenal tegas ini juga pernah melanglang buana jauh ke Indonesia bagian timur seperti PKT Bontang, PSM Makassar, hingga Persipura Jayapura.

Sementara itu, untuk level timnas, ia pernah menjadi asisten pelatih dari Henk Wullems saat menangani timnas Indonesia pada ajang SEA Games 1997. Tumpak dan Henk Wullems akhirnya membawa Timnas Indonesia meraih medali perak.

Kini, namanya abadi sebagai salah satu legenda sepak bola Indonesia. Hingga tutup usia, pria yang karib disapa Bang Tus itu menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk sepak bola tanah air.

Terakhir, dia masuk dalam jajaran Komisi Etik PSSI periode 2011-2015 di bawah kepemimpinan Ketum Djohar Arifin Husin. Hingga akhirnya, Tumpak mengembuskan napas terakhirnya di Jakarta Timur, Kamis (20/6) siang. Derita penyakit stroke dan gula dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu penyebab.

Selamat jalan, Tumpak Uli Sihite!

Comments
Loading...