Kabar Terbaru Aliyudin Ali, Pelengkap Duet Emas dan Trio ABG di Persija

Football5Star.comPersija Jakarta pernah memiliki trio dan duet berbahaya dengan Aliyudin Ali menjadi salah satu aktor pentingnya. Lantas, bagaimana kabarnya saat ini?

Terakhir kali, Aliyudin tercatat sebagai pemain dari Persikabo Kabupaten Bogor. Di sana, dia main sejak 2013 hingga 2016 dengan mencatatkan 34 pertandingan dengan mengemas total 12 gol.

Usai pensiun dari dunia sepak bola, Aliyudin Ali tampaknya menggeluti bisnis usaha lain. Pilihan jalan kariernya jua menarik, yakni menjadi pengusaha pabrik Baja. Bahkan dia memiliki pabrik sendiri dalam usahanya itu.

Usahanya itu menggeluti pembuatan genteng metal atau pasir, reng, bondek, spandek, hingga hollow. Hal itu saat Aliyudin memasarkan beberapa jenis barangnya di Instagram pribadinya.

“Kesibukan saya sehari-hari ngurusin usaha saya di bidang baja ringan. Udah berjalan hampir satu setengah tahun dan ini kesibukan saya setiap hari. Ngontrol, ngawasin,” kata Ali dikutip dari Youtube SportOne.

Pabril Aliyudin sendiri terlihat sangat luas dengan beberapa peralatan yang lengkap. Pabrik eks pemain Persija Jakarta itu dinamai Binukar Steel.

Pelengkap Duet Emas dan Trio ABG Persija

Semasa jadi pemain, nama Aliyudin mulai terkenal kala membela Pesikota Tangerang pada 2004 hingga 2007. Meski berbadan mungil, sosok yang kini berusia 40 tahun itu lumayan luwes dalam mencetak gol.

Tercatat, Aliyudin Ali mengemas 40 gol dalam 85 pertandingan bersama Persikota. Meski memang, sebelumnya dia jua berhasil menjadi top skorer bersama Persikabo Bogor pada 2001 silam.

Akan tetapi, kilaunya kian terlihat saat direkrut Persija Jakarta 2007 dan membentuk duet mematikan bersama Bambang Pamungkas. Keduanya bahkan pernah mendapatkan penghargaan duet terbaik pada Copa Indonesia 2007 saat Persija raih peringkat ketiga.

“Tentunya kenangan termanis saat mendapat penghargaan duet terbaik bersama Bambang Pamungkas. Hal itu membuktikan kerjasama saya dengan Bepe benar-benar diakui pada waktu itu,” kata Aliyudin, seperti dikutip laman resmi klub.

Pada 2008, Greg Nwokolo kemudian datang ke Persija yang langsung membentuk trisula mematikan bernama ABG. ABG sendiri kepanjangannya Aliyudin, Bambang, dan Greg. Aliyudin Ali kembali menjadi salah satu sosok sentral.

Bila ditotal, Aliyudin sukses mengemas 38 gol dalam 90 pertandingannya berseragam Macan Kemayoran. Dia lantas hijrah ke Persib Bandung 2011 tapi gagal mereplikasi penampilannya. Bersama Persib, dia hanya mampu mengemas lima gol saja dari 28 laga.

Pemain asli Bogor itu kemudian hengkang ke Sriwijaya FC tapi gagal jua setelah cuma mencatatkan satu gol saja dalam 8 laga, sebelum akhirnya kembali ke pelukan Persikabo.