Kabar Terbaru Bixente Lizarazu, Bek Kiri Legendaris Timnas Prancis

Football5star.com, Indonesia – Bixente Lizarazu mungkin dapat disebut sebagai salah satu bek kiri terbaik di era 1990-an dan awal dekade 2000-an. Predikat tersebut didapatkan Lizarazu berkat penampilan apiknya bersama Bayern Munich dan timnas Prancis.

Nama Lizarazu mulai mencuat ketika ia bermain untuk Bordeaux pada periode 1988 hingga 1996. Selepas petualangan bersama Bordeaux, Lizarazu sempat mencicipi atmosfer Liga Spanyol bersama Athletic Bilbao pada musim 1996-97.

Semusim berselang, Lizarazu memutuskan untuk kembali berpindah klub. Raksasa Jerman, Bayern Munich pun menjadi destinasi pilihan Lizarazu yang ketika itu berusia 28 tahun.

Kabar Terbaru Bixente Lizarazu, Bek Kiri Legendaris Timnas Prancis - Getty Images
Getty Images

Bersama Bayern, Lizarazu sukses menggapai status sebagai salah satu bek kiri terbaik di dunia. Selama total sembilan musim bermain di Bavaria, Lizarazu sukses mengoleksi 273 penampilan di semua kompetisi.

Selain itu, ia juga berhasil meraih banyak gelar bergengsi ketika memperkuat Bayern. Diantaranya adalah enam gelar Liga Jerman, lima DFB Pokal, satu Liga Champions, serta satu Piala Interkontinental.

Di level internasional, Lizarazu juga sukses menunjukkan penampilan apik untuk timnas Prancis. Total, Lizarazu berhasil mengemas 97 caps bersama Les Bleus serta sukses mempersembahkan satu gelar Piala Dunia dan satu Piala Eropa.