Kabar Terbaru Joe Cole, Pahlawan Chelsea yang Berakhir Antiklimaks

Football5star.com, Indonesia – Joe Cole menjadi salah satu pemain terbaik Chelsea di periode 2003 hingga 2010. Selama tujuh tahun bermain di Stamford Bridge, Cole mampu mengemas 281 penampilan dan mencetak 40 gol.

Penampilan gemilang Cole bersama Chelsea membuatnya menjadi salah satu pemain andalan timnas Inggris era Sven-Goran Eriksson. Di level internasional, Cole berhasil mencetak 10 gol dari 56 caps.

Karier Cole langsung meredup ketika ia meninggalkan Chelsea pada musim panas 2010. Ketika itu, Cole memutuskan untuk hijrah ke Liverpool setelah kontraknya habis bersama Chelsea. Keputusan ini pun menjadi mimpi buruk buat Cole.

Joe Cole - Chelsea - Liverpool Echo
Liverpool Echo

Pasalnya, Cole langsung mendapat kartu merah pada partai debutnya bersama The Reds. Sepanjang musim 2010-11, Cole hanya mampu menyumbang tiga gol dari 32 penampilannya bersama Liverpool.

Semusim berselang, Cole sempat bermain di Prancis bersama Lille. Namun, ia tak bertahan lama di Prancis dan langsung pulang ke Inggris pada musim 2012-13. Sepanjang musim 2012-13, Cole hanya mampu mencetak dua gol dari 10 penampilannya.

Selepas Liverpool. Cole sempat bermain untuk West Ham United, Aston Villa dan Coventry City. Akhirnya, Cole memutuskan untuk pensiun bersama klub Amerika Serikat, Tampa Bay Rowdies pada 2018. Ketika itu, Cole berusia 37 tahun.

PUTUSKAN KEMBALI KE CHELSEA

Selepas gantung sepatu, Joe Cole memutuskan untuk kembali ke pangkuan Chelsea. Bersama The Blues, Cole menjadi salah satu staf pelatih untuk tim muda Chelsea.

Dua tahun setelah menjadi pelatih akademi Chelsea, Cole memutuskan untuk hengkang. Ia kembali meninggalkan The Blues karena ingin memperdalam ilmu serta mencari pengalaman baru bersama klub lain.

“Beberapa saat sebelum lockdown, saya memutuskan untuk pergi dari Chelsea. Di sana, saya memiliki kenangan-kenangan yang sangat indah dan mempelajari banyak hal,” ujar Joe Cole kepada The Guardian.

Joe Cole - Chelsea - @therealjoecole
instagram.com/therealjoecole

“Pengalaman itu sangat berpengaruh dalam perkembangan saya sebagai pelatih. Tapi, saya ingin melakukan studi banding ke berbagai belahan dunia dan belajar di bawah asuhan pelatih yang berbeda,” kata Cole menambahkan.

Lebih lanjut, Cole juga memiliki mimpi kembali ke pangkuan The Blues ketika sudah selesai berkeliling dunia. Namun ia ogah mengumbar janji karena tak ingin mengecewakan para pendukung The Blues.

“Saya yakin akan kembali ke sini suatu hari nanti. Tapi, saat ini saya masih fokus mengembangkan kemampuan sebagai pelatih. Berkeliling dunia dan mendengar berbagai saran dari banyak pelatih adalah keputusan terbaik untuk saat ini,” tutup Cole.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More