Kabar Terbaru Luis Boa Morte: Dilupakan Portugal, Melegenda di Inggris

Football5star.com, Indonesia – Cukup banyak pemain Portugal yang menuai sukses di Liga Inggris. Dan salah satu nama yang masuk dalam jajaran tersebut adalah Luis Boa Morte.

Luis Boa Morte sudah menggoreskan tinta emas di Inggris sejak dua dekade silam. Ketika itu, pemain asal Portugal yang mengadu nasib di negeri Ratu Elizabeth masih bisa dihitung jari.

Boa Morte mengambil langkah berani terkait karier sepak bolanya. Pada usia yang baru 18 tahun ia meninggalkan Sporting Lisbon, klub yang dibela sejak kecil, untuk merajut mimpi bersama Arsenal 1997 silam.

The Sun

Akan  tetapi keputusannya ini bisa dibilang keliru. Kendati mampu membawa Arsenal juara Premier League 1997-1998 sang gelandang hanya dimainkan 15 kali tanpa sekali pun mencetak gol.

Musim kedua lebih buruk lagi. Di Liga Inggris ia hanya dipercaya Arsene Wenger bermain delapan kali tanpa menghasilkan gol. Kegagalan tersebut kemudian membuatnya hijrah ke Southampton musim 1999-2000.

Sayang, kisah serupa berulang. Walau begitu, dua kegagalan tidak membuat Luis Boa Morte terpuruk. Setelah dua keputusan yang salah, ia akhirnya membuat langkah jitu dengan pindah ke Fulham.

Di klub ibu kota dia menemukan rumah keduanya. Bertahan selama tujuh musim Boa Morte mencatatkan 206 penampilan dengan mencetak 34 gol serta tiga assist. Dalam dua musim terakhirnya berada di Craven Cottage, ia pun dipercaya mengemban tugas sebagai kapten.

arsenalpics

London sepertinya punya daya magis tersendiri untuk sang gelandang. Bukan hanya Fulham dia tampil memukau, tapi juga bersama West Ham United. Tiga tahun di West Ham dan sempat menjadi kapten tim dia membuat 109 penampilan.

Walau tidak mampu meraih prestasi sebanyak Cristiano Ronaldo, Luis Boa Morte hingga saat ini tercatat sebagai pemain Portugal dengan penampilan terbanyak di Liga Inggris. Jika ditotal, dia mengoleksi 296 laga, unggul 10 laga dibanding Ronaldo.

Perjuangan Boa Morte Menjadi Pelatih

Inggris bukan satu-satunya negara tempat Luis Boa Morte bermain. Dia juga pernah merasakan kompetisi Afrika Selatan saat memperkuat Orlando Pirates, dan berjibaku di Liga Yunani bersama AE Larisa.

Kendati sudah pindah negara dan pindah benua, Boa Morte akhirnya kembali lagi ke Inggris. Dia menutup kariernya di klub League Two, Chesterfield FC, pada 2013 lalu.

Pemilik 28 caps bersama timnas Portugal tidak ingin lama-lama menganggur usai pensiun. Dia langsung menerima pinangan Sporting Lisbon sebagai pelatih akademi.

Tugas pertamanya ini terbilang sukses. Pria kelahiran 4 Agustus 1977 membawa Sporting muda ke peringkat kedua pada ajang Portuguese National Championship. Keberhasilannya meminang talenta-talenta muda membuat Arsenal menggaetnya lagi 2015 lalu.

getty images

Kali ini Arsene Wenger menjadikan Boa Morte sebagai pencari bakat klub. Sadar dengan talenta-talenta hebat yang dihasilkan Portugal, Wenger secara khusus meminta mantan anak asuhnya itu untuk mencari bibit unggul dari negara asalnya.

Dua tahun kemudian, pria berlisensi UEFA B kembali mengikuti kata hatinya untuk menjadi pelatih. Ia pulang ke negaranya untuk menagani Sintrense dan Portimonense.

Tahu kemampuan melatihnya masih minim, Luis Boa Morte terbang ke Israel untuk berguru dengan Marco Balbul dan Itay Mordeschai di Maccabi Haifa. Dan sejak musim lalu hingga paruh pertama musim ini pria 42 tahun menjadi asisten Marco Silva di Everton.

Dalam enam bulan terakhir Luis Boa Morte pun menganggur lantaran Marco Silva dipecat Everton Desember lalu. Untuk saat ini ia sedang mengambil lisensi A UEFA untuk memuluskan niatnya melatih salah satu klub di Liga Super Portugal musim depan.