Kabar Terbaru Maciej Dolega, Pemain Asing Pertama yang Cetak Gol untuk Persib

Football5star.com, Indonesia – Pada kompetisi Liga Indonesia 2003, klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat, Persib memutuskan untuk merekrut pemain asing. Sebelumnya, Persib memang memiliki kebijakan untuk mengoptimalkan pemain lokal.

Di musim itu, Persib tak tanggung-tanggung, Maung Bandung merekrut empat pemain asing asal Polandia. Mereka adalah kiper Mariusz Mucharski, gelandang Piotr Orlinski, bek Pawel Bocian dan striker Maciej Dolega.

Keempatnya datang bersama dengan pelatih Persib saat itu yang juga berkewarganegaraan Polandia, Marek Sledzianoswski. Di awal kedatangannya, Dolega diharapkan bobotoh bakal jadi mesin gol untuk Maung Bandung.

Kabar Terbaru Maciej Dolega, Pemain Asing Pertama yang Cetak Gol untuk Persib
olsztyn.pl

Sayangnya butuh waktu cukup lama untuk publik sepak bola Bandung melihat Dolega mencetak gol untuk Persib. Datang dari awal musim, Dolega baru mencetak gol pertamanya pada pekan ke-16.

Saat itu Persib bertandang ke markas PSM Makassar, Stadion Mattoangin pada 5 April 2003. Saat itu gol Dolega di menit ke-39 membuat Persib memperkecil ketertinggalan setelah sebelumnya tertinggal 0-2 lewat gol Oscar Aravena di menit ke-15 dan Cristian Gonzales di menit ke-31.

Gol Dolega di menit ke-39 itu menjadikannya pemain asing pertama yang cetak gol untuk Persib. Sayangnya satu gol dari Dolega tak bisa membantu Persib raih poin. Maung Bandung kalah 3-1 setelah Oscas Aravena mencetak gol keduanya di menit ke-76.

Sayangnya gol tersebut juga menjadi satu-satunya gol yang dicetak oleh Dolega bersama Persib. Setelah putaran pertama, Dolega dan Marek Sledzianoswski angkat koper dari Stadion Siliwangi.

Kabar Terbaru Maciej Dolega

Dikutip dari data transfermarkt, Senin (23/3/2020) Dolega memutuskan kembali ke Polandia dan bergabung ke Drweca NML setelah tak lagi dibutuhkan oleh Persib.

Saat itu Drweca NML mendapatkan Dolega dengan status bebas transfer. Ia juga memutuskan pensiun di klub tersebut.

Sayangnya setelah pensiun dari sepak bola, Dolega bak hilang ditelan bumi. Sangat sedikit pemberitaan mengenai dirinya di Polandia.

Yang menarik, salah satu media Polandia, Polskatimes sempat mengangkat pemberitaan mengenai Dolega pada 2015 lalu. Artikel dengan judul, “Podróż w nieznane, czyli Polacy na końcu piłkarskiego świata” menceritakan sedikit perjalanan Dolega di Persib.

Di artikel tersebut disebutkan bahwa salah satu yang membuat Dolega gagal di Persib ialah faktor cuaca dan dukun. Ya, media tersebut menyebut bahwa dukun jadi penghambat karier Dolega di Maung Bandung.

“Pelatih mereka Marek Śledzianowski membawa mereka ke Indonesia. Sayanya pemain Polandia kita itu tak membuat karier bagus di sana,” tulis media tersebut.

“Tidak hanya iklim yang merugikan, tetapi juga dukun yang bekerja di klub-klub menghambat potensi penuh dari para pemain. Selain melakukan mantra jahat, mereka juga turut aktif menentukan pemain yang akan diturunkan,”

Pada 2013, mantan rekan Dolega di Persib yakni Mariusz Mucharski juga sempat diwawancarai soal kariernya di Indoensia. Ia mengatakan memang Marek yang mengajak dirinya dan Dolega untuk merantau ke Indonesia.

“Dia hanya ingin membawa pemain seperti saya dan Dolega membantunya di sana. Saya juga lebih suka pergi ke klub luar dengan seseorang yang saya kenal. Sayangnya kondisi di sana sangat berbeda dari harapan kami,” kata Mucharski seperti dikutip dari kielce.pl