Kabar Terbaru Marcio Amoroso, Striker Brasil yang Lebih Hebat dari Ronaldo

Football5star.com, Indonesia – Pemain Brasil cukup banyak yang mencoba untuk meraih kesuksesan di pentas Serie A Italia. Namun tak banyak yang berhasil. Marcio Amoroso adalah salah satu asal Brasil yang tergolong sukses di Italia.

Bagaimana tidak, ia jadi pemain Brasil ketiga yang sukses meraih gelar Capocannoniere musim 1998–99. Bahkan pemain sekelas Ronaldo Luis de Lima tak sanggup meraih gelar top skor pentas Serie A ini. Sebelum Amoroso, ada nama striker Vicenza, Luis Vinicio dan striker AC Milan, José Altafini yang raih gelar Capocannoniere.

Awal karier pemain bernama lengkap Márcio Amoroso dos Santos dimulai saat ia menimba ilmu di akademi Guarani pada 1988. Ia lalu promosi ke tim utama Guarani pada 1992. Penampilannya bersama Guarani membuat dirinya terbang ke Jepang sebagai pemain pinjaman untuk klub Verdy Kawasaki.

goal

Sayangnya di klub J League tersebut, Amoroso tak mampu tunjukkan skill hebatnya. Ia pun kembali ke Brasil dan bermain untuk Flamengo. Torehan 6 gol bersama Flamengo membawa Amoroso terbang ke Italia dan bermain untuk Udinese.

Keputusan manajemen Udinese untuk rekrut Amoroso tak lepas dari keinginan klub tersebut mengulang kembali kejayaan yang pernah ditorehkan striker Brasil lainnya, Zico di era 80-an.

Amoroso datang ke Udinese saat masih dilatih oleh pelatih kawakan Alberto Zaccheroni. Pada musim pertamanya, Amoroso langsung jadi tandem sehati untuk Paolo Poggi dan Oliver Bierhoff. Jika dua striker itu mencetak 13 gol di musim 1996-97, Amoroso selisih satu gol dengan mencetak 12 gol.

Setelah Bierhoff hengkang ke AC Milan, Marcio Amoroso pun jadi juru gedor andalan Udinese saat dilatih oleh Francesco Guidolin. Setelah sempat bermain untuk AC Milan pada 2006, Amoroso pulang kampung ke Brasil. Pada 2016, ia memutuskan untuk pensiun di klub Boca Raton.

Kabar Terbaru Marcio Amoroso

Setelah pensiun dari sepak bola, Amoroso tidak seperti kebanyakan pesepak bola lainnya. Ia tak memilih untuk meneruskan karier sebagai pelatih. Dikutip dari calciomagazine, Selasa (14/4/2020) Amoroso saat ini menghabiskan waktunya menjadi wirausaha dan berkumpul bersama keluarga.

Di tengah pandemi corona saat ini, Amoroso mengaku bahwa dirinya merasa cukup berkah karena masih bisa berkumpul bersama keluarga. “Di kondisi saat ini, saya tetap bersyukur masih bisa berkumpul bersama keluarga,” kata Amoroso.

calciomagazine.net

Menurut Amoroso, keputusan pemerintah Brasil untuk lock down merupakan keputusan tepat meskipun usahanya mengalami hambatan karena hal tersebut.

“Tapi saya pikir memang agar berbahaya jika kita terus berada di luar rumah di kondisi seperti ini. Jadi penting bagi saya untuk percaya kepada anjuran pemerintah meski itu mengganggu usaha saya,” ucap Amoroso.

Salah satu yang jadi perhatian Amoroso saat ini ialah menjaga putranya, Giovanni Luca Amoroso yang saat ini tengah meniti karier bersama tim junior Boca Raton.

“Putra pertama saya lahir di Udinese. Saat ini saya juga fokus untuk melatih dirinya bermain untuk Udinese. Saya mencoba melatihnay dengan cara tertentu agar ia bisa mendapat manfaatnya,” kata Amoroso.

Sebelum bergabung ke Boca Raton, Giovanni yang juga berposisi sebagai striker itu sempat menimba ilmu di tim junior Udinese. Amoroso mengaku bahwa cukup senang anaknya bisa bermain di mantan klubnya tersebut.

getty images

Selain Giovanni, anak kedua Amoroso, Matteo Amoroso saat ini juga berstatus sebagai pemain di tim U-17 Udinese.

“Agak sulit memang diawalnya karena saya takut ia akan terbebani. Saya tidak mau terlalu menekan kepada dirinya. Namun jika kemudian ia akhirnya dikontrak oleh Udinese, hal itu haruslah dilihat secara profesional,” ucap mantan striker Dortmund tersebut.

Selain saat ini fokus usaha, berkumpul bersama keluarga dan memantau perkembangan putranya, Amoroso juga dikabarkan berniat untuk mencoba menulis buku otobiografiya.

“Jika ada buku otobiografi, saya akan memulainya di Brasil. Tapi buku itu pun berbeda dengan otobiografi lainnya dengan lebih banyak foto. Saya suka melihat foto yang berbicara. Lalu biarkan orang lain yang menilainya sendiri,”

Kabar TerbaruMarcio AmorosoRonaldo Luiz Nazario de LimaSerie A ItaliaUdinese