Kabar Terbaru Marek Jankulovski, Bek Sayap yang Tak Mau Bertahan

Football5star.com, Indonesia – Masih ingat Marek Jankulovski? Dia adalah bek lincah AC Milan di era 2000-an. Sang pemain adalah salah satu bek paling bagus di generasinya.

Jankulovski adalah contoh bek kiri yang komplet. Kecepatan ada, umpan silang akurat, naluri bertahan bagus, determinasi tinggi, stamina tak ada habisnya, dan ini masih ditambah eksekusi bola mati yang bagus.

Lucunya, Jankulovski ternyata tak suka bertahan. Saat membela AC Milan, ia bermain seperti penyerang kiri. Padahal, posisi aslinya jauh di belakang.

Setiap kali Rossoneri membangun serangan, Jankulovski tiba-tiba sudah ada di depan dan siap melepas umpan silang ke kotak penalti. Hal ini sering dikomplain Carlo Ancelotti. Meski demikian, pelatih legendaris Milan itu tetap memilih Jankulovski sebagai starter.

Marek Jankulovski ac milan
Getty Images

“Saya mencetak banyak gol, dan banyak pelatih mengeluh bahwa saya harus bertahan juga. Tapi pada usia itu saya memang bermain seperti itu. Saya bilang ada 10 dari kami dan seseorang harus mencetak gol itu.”

“Tetapi itu adalah kepercayaan diri yang saya miliki, dan saya pikir itu penting. Sekarang, dengan berlalunya waktu, saya akan memiliki lebih banyak nasihat untuk pemain di posisi saya, tetapi memang dulu permainan saya seperti itu.”

Periode terbaik karier Jankulovski tentu saja bersama Milan. Ia membela Rossoneri selama enam tahun (2005-2011) dan memenangi Liga Champions, Scudetto, Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa.

Marek Jankulovski ac milan
Getty Images

Kabar Terbaru Jankulovski

Setelah meninggalkan Milan pada 2011, Jankulovski kembali ke mantan klubnya di Republik Ceko, Baník Ostrava. Namun, ia cuma tercatat sekali membela klub itu. Masalah cedera jadi penghalangnya. Sang pemain kemudian memutuskan gantung sepatu pada 2012.

Usai pensiun, Jankulovski menjadi penasihat Baník Ostrava. Ia juga beberapa kali muncul di media Italia dan memberikan pendapatnya soal perkembangan Milan.

Baru pada 2018, sang legenda Milan naik jabatan. Ia menjadi Direktur Olahraga Baník Ostrava.

Marek Jankulovski ac milan
sport.tn.nova.cz/

“Marek adalah pilihan alami bagi kami dan kami senang bahwa kami menemukan kesamaan bersama,” kata Direktur Eksekutif Baník Ostrava, Michal Belak.

“Dia adalah seorang pria yang telah memperoleh banyak pengalaman di sepak bola Eropa dan telah lama bekerja di organisasi terkenal seperti AC Milan. Kami menantikan kerjasama dengannya.”

Meski kini tak lagi tinggal di Milan, Jankulovski tetap menjaga komunikasi dengan mantan rekan-rekannya.

“Setahun sekali kami melakukan reuni. Sekarang semua sibuk, para pemain Milan generasi saya semuanya sudah jadi pelatih atau direktur,” katanya sambil tertawa.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More