Kabar Terbaru Muhammad Ilham, Dapat Ilham Usai Naik Haji

Football5Star.com – Indonesia, Persija Jakarta pernah memiliki pemain sayap cepat sebelum Riko Simanjuntak, yakni Muhammad Ilham. Saat ini Ilham memiliki kegiatan yang jauh dari ranah sepak bola usai mendapat ilham dari naik Haji.

Pemain kelahiran Majene, 39 tahun yang lalu itu memang sudah lama tak terdengar dari dunia sepak bola. Dari daftar profilnya di Wikipedia, Ilham terakhir kali memperkuat Persija Jakarta 2016 silam. Setelah itu memang namanya perlahan mulai tenggelam.

Tak seperti kebanyakan pesepak bola, M Ilham menikmati masa-masa saat ini jauh dari dunia si kulit bundar. Dia saat ini disebut-sebut bekerja sebagai agensi untuk perjalanan ke Tanah Suci, baik naik haji atau umrah.

Muhammad Ilham mengakui kalau usahanya itu dijalankan usai mendapatkan ilham setelah naik haji. Jadi ceritanya, saat itu Ilham seperti melihat peluang untuk berbisnis di bidang jasa itu.

“Jadi saya waktu itu setelah naik haji, saya melihat peluang haji dan umrah tak akan pernah berhenti. Saya pikir selama ada Mekkah, Jamaah tak akan berhenti, jadi itu fondasi saya sehingga memilih usaha ini,” ungkap M Ilham dalam YouTube Persija Jakarta.

View this post on Instagram

#mesjidnabawi

A post shared by Mi81 (@m_ilham_arsya_) on

Saat itu, Ilham mengaku memulai usaha tersebut usai berangkat haji 2005. Saat itu, sepak bola di Indonesia tengah dibekukan akibat konflik PSSI-Kemenpora.

“Jadi saya punya pikiran waktu itu, saya bicara dengan keluarga buka usaha seperti ini karena lumayan, selama ada Mekkah pasti ada jemaah. Jadi saya bikin usaha seperti ini,” papar dia.

Tentu, dia berharap pandemi virus corona di dunia bisa segera berhenti. Karena akibat COVID-19 ini, dia jadi tak bisa melanjutkan bisnisnya itu. “Semua memang mengalami dengan COVID-19 semoga bisa cepat berlalu bisa melanjutkan kembali bisnis ini,” papar Ilham.

Sayap Cepat Persija

M Ilham memulai karier profesionalnya di PSPS Pekanbaru. DIa jua sempat memperkuat Pelita Krakatau Seteel, Persikota Tangerang, hingga Persib Bandung. Tapi, namanya mulai tenar di telinga pencinta sepak bola Indonesia saat memperkuat Persija Jakarta.

Pemain yang memiliki 20 caps bersama Timnas Indonesia itu memiliki tiga periode berbeda bersama Macan Kemayoran. Pertama kali dia bergabung pada 2006 hingga 2010. Dalam rentang waktu tersebut, Ilham tercatat menjalani 102 penampilan dengan 14 gol.

View this post on Instagram

Persija Jakarta 2007

A post shared by Mi81 (@m_ilham_arsya_) on

Sang pemain sempat hijrah ke Persib dan kembali ke PSPS, sebelum pulang ke Persija 2012-2013. Dalam periode keduanya, penampilannya kembalik apik dengan mencatatkan empat gol dalam 17 laga. Terakhir, dia membela Macan Kemayoran 2014 sampai 2016 dengan mencetak 5 gol dalam 13 pertandingan.

Muhammad Ilham sendiri memiliki 20 caps buat Timnas Indonesia. Dua gol dicetaknya, masing-masing ke gawang Kamboja pada 21 Agustus 2008, dan Turkmenistan, 23 Juli 2011.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More