Kabar Terbaru Nick van der Velden, Eks Gelandang Elegan Bali United

Football5Star.com – Nick van der Velden, boleh dibilang salah satu gelandang elegan yang pernah dimiliki Bali United pada era Liga 1. Bagaimana kabarnya sekarang?

Van der Velden, terakhir kali tercatat sebagai pemain dari Amsterdamsche Football Club. Tim itu tercatat berkompetisi di Tweede Divisie, alias kasta ketiga sepak bola Belanda.

Akan tetapi, belakangan sosok 38 tahun itu tampaknya sudah memulai lembaran baru dalam kariernya. Dalam unggahan terbarunya, Van der Velden terlihat tengah mengomandoi beberapa anak bermain sepak bola.

Instagram Nick van der Velden

Bila dilihat dari seragam dan sponsornya, klub itu merujuk ke AZ Alkmaar. Football5Star.com lantas mencoba melakukan konfirmasi kepada Nick van der Velden. Dia membenarkan kalau dirinya saat ini menjadi pelatih.

“Ya saya sekarang berprofesi sebagai pelatih di AZ Alkmaar. Saya melatih anak-anak junior level pertama, dan kemudian junior yang akan masuk ke dalam tim,” ungkap Van der Velden kepada Football5Star.com.

Bagaimana ceritanya Van der Velden bisa menjadi pelatih? Dia menyebut kalau sebenarnya memang masih terdaftar sebagai pemain di Amsterdamsche FC. Tapi, situasi belakangan ini membuatnya mulai mengalihkan karier. Apalagi, semua kompetisi di Belanda sudah dinyatakan selesai.

“Saya tak lagi menjadi pemain saat ini. Karena virus corona ini saya tak bisa bermain lebih banyak. Musim sudah usai! Saya sekarang fokus hanya untuk melatih di AZ,” papar dia.

Tentunya, Nick van der Velden tak sembarangan dalam melatih. Dia mengaku sudah memiliki lisensi kepelatihan yang membuat manajemen AZ mencoba tangan dinginnya sebagai pelatih.

“Ya ya, saya sudah punya lisensi pelatih. Saya memiliki Lisensi B UEFA. Tahun depan, mungkin saya akan meningkatkan lagi menjadi A UEFA. Mereka percaya kepada saya, jadi ini saatnya saya membuktikan kemampuan saya,” cerita Van der Velden.

Sukses Sebagai Pemain

Nick van der Velden datang ke Bali United pada 2017. Dia bertahan di sana selama dua musim hingga 2018 silam. Karier pemain asal Belanda itu memang cukup gemilang ketika di Bali United.

Meski gagal menghadirkan trofi, pemain kelahiran 16 Desember 1981 itu total bermain dalam 58 pertandingan. Dia saat itu mengemas tujuh gol dan 15 assist untuk Serdadu Tridatu.

Sebelum ke Indonesia, pemain setinggi 188 cm itu cukup sukses di Belanda. Total, dia membela sembilan tim Belanda berbeda dalam kariernya sebagai pemain, sebelum ke Bali United.

Performa terbaiknya saat dia membela AZ Alkmaar kurun 2008-2011. Sebab, dia turut terlibat dalam skuat yang memenangi gelar Eredivisie 2008-2009 dan Johan Cruyff Shield 2009. Bersama AZ Alkmaar, dia main 46 kali dengan mengemas dua gol dan empat assist.

Demikian saat memperkuat klub Eredivisie lainnya, FC Groningen 2013–2015. Dia jua terlibat dalam tim yang memenangi KNVB Cup 2014-2015. Nick van der Velden jua mengemas sembilan gol dan sembilan assist dalam 52 penampilan di sana,

AZ AlkmaarBali UnitedNick Van Der Velden