Kabar Terbaru Nicola Amoruso, Peraih 3 Scudetti Bersama Juventus

Football5Star.com, Indonesia – Masih ingat Nicola Amoruso? Striker kelahiran 29 Agustus 1974 itu datang ke Juventus pada awal musim 1996-97. Pada musim itu, I Bianconeri juga mendatangkan Christian Vieri, Alen Boksic, dan Zinedine Zidane.

Selama dua periode membela Juventus, Nicola Amoruso jadi bagian dalam keberhasilan merebut tiga Scudetti, yakni pada 1996-97, 1997-98, dan 2001-02. Meskipun tak pernah jadi pencetak gol terbanyak, kontribusi gol-golnya tak kalah vital dalam keberhasilan I Bianconeri.

Nicola Amoruso bersama Christian Vieri dan Angelo Di Livio saat membela Juventus pada 1996-97.
notasdefutbol.com

Mengenai kenangan tiga Scudetti itu, Amoruso merasa paling terkesan pada keberhasilan musim 1996-97. Selain jadi yang pertama dan diraih pada musim pertamanya di Juventus, ada faktor lain yang membuat dia sangat terkesan.

“Tentu saja keberhasilan musim 1996-97 saat kami bersaing ketat dengan Parma. Ada banyak alasan, terutama karena musim itulah satu-satunya saya merayakan gelar di lapangan,” kata Amoruso seperti dikutip Football5Star.com dari Ita Sport Press.

Jadi Mata-Mata Agen

Nicola Amoruso memutuskan pensiun pada 2011 dalam umur 37 tahun. Klub terakhirnya adalah Atalanta yang dibela selama dua musim. Dua tahun setelah itu, dia kembali berkiprah di sepak bola. Dia dipercaya sebagai direktur olahraga oleh Palermo.

Akan tetapi, kiprah Amoruso sebagai direktur olahraga tak berlangsung lama. Hanya empat bulan dia berada di posisinya itu dari Mei hingga Agustus 2013. Dia meninggalkan posnya dengan alasan yang bersifat pribadi. Itu merupakan satu-satunya kesempatan dia berkiprah di manajemen klub.

Nicola Amoruso sempat jadi Direktur Olahraga Palermo selama empat bulan pada 2013.
contra-ataque.it

Kini, seperti dituturkan kepada Ita Sport Press, Nicola Amoruso mengaku jadi mata-mata dan perantara agen pemain. Dalam praktiknya, dia kini lebih sering berkecimpung di grassroot dengan memantau anak-anak bertalenta.

“Saya tetap bekecimpung di sepak bola. Sekarang, saya lebih mengikuti anak-anak sebagai perantara untuk para agen. Saya jadi semacam pemantau. Pekerjaan ini sudah saya tekuni dalam beberapa tahun belakangan ini,” kata Amoruso.

Nicola Amoruso sempat merebut tiga Scudetti bersama Juventus.
tuttomercatoweb.com

Sebagai mata-mata dan perantara para agen, Nicola Amoruso bertugas mencari sosok-sosok yang tepat dan pemain-pemain dengan karakteristik ideal. Bukan hanya bagi para agen, dia juga punya peran bagi para talenta yang dipantaunya.

“Saya coba mengajari mereka soal arti penting profesionalisme, aturan-aturan, dan respek terhadap olahraga yang akan jadi pekerjaan ini,” urai Amoruso lagi.

Begitulah kiprah Nicola Amoruso kini. Walaupun tak masuk manajemen klub tertentu, dia tetap berkecimpung di sepak bola yang telah membesarkan namanya.