Kabar Terbaru Olivier Dacourt, Pemain Termahal Leeds yang Bawa Inter Raih Scudetto

Football5star.com, Indonesia – Prancis tak pernah kehabisan stok pemain hebat di lini tengah. Bagi penggemar Leeds United tentu tak asing dengan pemain asal Prancis, Olivier Dacourt.

Pemain yang memiliki julukan Tiger ini ialah bagian penting skuat Young Guns Leeds United di periode 2000-an. Dacourt dibeli Leeds dari Lens dengan bandrol 7.2 juta poundsterling. Harga ini menjadikan Dacourt saat itu memecahkan rekor pembelian Leeds.

Publik Elland Road saat itu begitu menganggumi Dacourt. Sebagai gelandang sentral, ia begitu ulet menjaga lini tengah. Dacourt jadi pemain pertama yang membangun skema serangan cepat Leeds saat dapat merebut bola dari pemain lawan.

Kabar Terbaru Olivier Dacourt, Pemain Termahal Leeds yang Bawa Inter Raih Scudetto
leeds-live.co.uk

Pelatih Leeds saat itu, David O’Leary menduetkan Dacourt dengan David Batty di lini tengah. Pemain jebolan akademi Strasbourg ini tiga musim berseragam Leeds. Bersama Harry Kewell dkk, ia suskes antarkan The Young Guns melaju ke babak semifinal Liga Champions 2000-01.

Sayang karierya di Leeds kemudian terancam saat O’Leary digantikan oleh Terry Venables. Dacourt kalah saing dengan Paul Okon. Dacourt pun sempat berselisih paham dengan Venables. Ia lalu hijrah ke Serie A bergabung ke AS Roma.

Bermain di Roma, Dacourt kembali menemukan permainan terbaiknya. Musim 2006, Roberto Mancini merekrutnya ke Inter Milan dengan fee transfer. Mancini saat itu membutuhkan pengalaman dan ketaguhan Dacourt untuk memperkuat lini tengahnya.

Pilihan Mancini tak salah. Di musim pertamanya, Dacourt mempersembahkan gelar scudetto untuk Inter. Gelar scudetto kembali dipersembahkan Dacourt utuk Inter di musim 2007-08. Meski berstatus pemain pelapis di Inter, Dacourt tetap dianggap bagian penting untuk kubu La Beneamata.

Kabar terbaru Olivier Dacourt

Dacourt memutuskan pensiun dari sepak bola pada 2010. Klub terakhirnya ialah Standard Liege. Pensiun dari sepak bola, Dacourt menghabiskan waktunya dengan keluarga dan pergi berlibur.

Pada 2019 lalu, Dacourt diketahui liburan di pulau Bali. Lewat akun Instagram pribadinya, Dacourt mem-posting saat dirinya berlibur ke pulau Dewata tersebut. Selain itu, ia juga sempat menekuni olahraga Jiu Jitsu.

View this post on Instagram

Relax 🧘‍♂️

A post shared by Olivier Dacourt (@dacourtolivier) on

Namun olahraga beladiri ini ia jalani hanya untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Selain itu, Dacourt juga menjadi brand ambassador untuk minuman kesehatan dari Jerman, Vibe.

Meski sudah pensiun dari sepak bola dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan berlibur serta bertemu dengan mantan pemain lain. Dacourt tak sepenuhya bisa meninggalkan sepak bola.

Olivier Dacourt saat ini juga berstatus sebagai konsultan untuk media Prancis, Canal Plus. Ia beberapa kali diundang untuk menjadi pengamat saat pertandingan sepak bola.

Beberapa waktu lalu, Dacourt sempat mengutarakan niatnya untuk bisa kembali ke Leeds United. Menurutnya bermain di Leeds ialah salah satu kenangan indah di karier sepak bolanya.

Dacourt pun mengingat bagaimana ia di Leeds United begitu bahagia bisa bermain dengan pemain sekaliber Alan Smith misalnya. Alan Smith bagi Dacourt ialah salah satu pemain favoritnya.

“Di lapangan dia adalah anjing gila. Dia bermain di tiap sisi lapangan. Bagi kami para gelandang, bisa berduet dengan Alan Smith adalah hal luar biasa. Selain dia, saya juga senang bisa bermain dengan Rio Ferdinand,” ucap Dacourt.

“Saya masih muda saat bermain di sana. Pemain lain juga masih muda, tetapi kami memiliki semangat yang besar. Pada saat itu, kami tidak peduli apapun, kami hanya menjalani bersama,” kenangnya.

Soal konfliknya dengan Venables, Dacourt justru berterima kasih. Karena berkat Venables, ia bisa merasakan gelar scudetto bersama Inter.

“Berkat dia saya bisa pergi ke ROma dan Inter Milan. Saya bisa menjadi juara di Italia. Saya hanya bisa berterima kasih kepadanya,”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More