Kabar Terbaru Sami Hyypia, Bek Terbaik Liverpool yang Jadi Panutan Van Dijk

Football5star.com, Indonesia – Jika bicara Finlandia, pencinta sepak bola akan tertuju pada dua bintang sepak bola negara Skandinavia tersebut. Pertama, Jari Litmanen dan yang kedua tentu saja bek terbaik Liverpool, Sami Hyypia.

Pemain bernama lengkap sami Tuomas Hyypia tersebut membela Liverpool pada 1999. Saat itu The Reds gelontorkan dana sebesar 2,6 juta poundsterling untuk dapakan Hyypia dari klub Belanda, Willem II.

Duet Hyypia bersama Stéphane Henchoz jadi salah satu duet bek terbaik yang pernah bermain di Stadion Anfield. Berbeda dengan Litmanen yang juga pernah membela Liverpool namun tak terlalu bersinar, Hyypia justru sebaliknya.

Kabar Terbaru Sami Hyypia, Bek Terbaik Liverpool yang Jadi Panutan Van Dijk2
getty images

Ia jadi salah satu bek luar Inggris yang dihormati oleh para pemain Liverpool, termasuk Steven Gerrard. Pada 2001, Hyypia pun sempat ditunjuk menjadi kapten The Reds. Penunjukkannya sebagai seorang kapten oleh Gérard Houllier tentu tepat.

Di masa kepemimpinannya sebagai kapten, Liverpool mampu dibawanya meraih sederet gelar bergengsi mulai dari Piala UEFA, Piala Super Eropa, hingga Piala FA. Sayang minus gelar Liga Inggris.

Pada musim 2004/05 meski usianya sudah tak lagi muda, ia tetap dipercaya oleh Rafael Benitez sebagai pilar belakang The Reds. Pada musim itu, ia berduet dengan Jamie Carragher di jantung pertahanan.

Hasilnya juga sangat baik. Duet Hyypia dan Carragher di lini belakang membawa Liverpool meraih gelar juara Liga Champions musim 2004/05. Momen final Liga Champions 2004/05 tentu tak akan pernah dilupakan oleh suporter Liverpool.

Kepemimpinannya bersama Gerrard terbukti memberi motivasi tambahan untuk skuat Liverpool membalik keaadan dan meraih gelar juara lewat pertandingan yang sangat dramatis di Ataturk Stadium.

Kabar Terbaru Sami Hyypia

Sami Hyypia memutuskan untuk hengkang dari Liverpool pada 2009. Ia hijrah ke Bundesliga dan bermain tiga musim bersama Bayer Leverkusen sebelum akhirnya gantung sepatu pada 2011.

Pensiun sebagai pemain, pemain kelahiran Porvoo, Finlandia tersebut sempat tercatat mencoba untuk berkarier sebagai pelatih. Tak lama setelah ia pensiun sebagai pemain, Hyypia sempat ditunjuk menjadi asisten pelatih Finlandia.

Ia hanya satu tahun mengemban tugas ini. Pada 2012, ia ditunjuk menjadi pelatih Bayer Leverkusen. Dua musim ia melatih Leverkusen. Selama melatih di Leverkusen, Hyypia terbilang jadi pelatih menjanjikan.

Pada musim pertamanya, Hyypia mampu membawa Leverkusen finish di urutan ketiga Bundesliga musim 2012/13. Di musim selanjutnya, Hyypia tak mampu menyelesaikan tugasnya hingga akhir musim. Hyypia dipecat oleh Leverkusen pada 5 April 2014.

Hyypia lalu mencoba peruntungan dengan menjadi pelatih Brighton & Hove Albion pada 2014. Pada musim itu, Brighton & Hove Albion hanya bermain di Divisi Championship. Hyypia pun tak selesaikan tugasnya, ia dipecat pada 31 Desembe 2014.

Pada musim 2015/16, ia didapuk menjadi pelatih untuk klub FC Zurich. Di klub ini pun Hyypia bisa dikatakan gagal. Setelah itu, Hyypia tak lagi menjadi pelatih klub mana pun.

Lantas apa kegiatan Hyypia saat ini? Melalui akun Instagram pribadinya, pemain yang dianggap panutan oleh Virgil van Dijk tersebut banyak memposting foto dirinya dengan aktifitas barunya sebagai pembalap motor.

Hyypia tampak serius menyalurkan hobinya sebagai pembalap road race. Malah pada 2019 lalu, Hyypia ikut ambil bagian di ajang motocross. Hasilnya tak buruk-buruk amat, ia mampu finish di balapan tersebut.

Untuk urusan balapan motocross, Hyypia tampaknya cukup serius untuk menggelutinya. Beberapa waktu lalu, ia bahkan sempat berfoto bersama dengan pembalap motocross kenamaan, Tony Cairoli.

Selain sibuk bermain motocross, Hyypia pun menghabiskan waktunya dengan terlibat di sejumlah olahraga ekstreem lainnya. Ia misalnya ikut menonton ajang UFC dan berfoto dengan petarung wanita UFC, Joanna Jedrzejczyk.

Lewat akun Instagram pribadinya juga ia mengungkap rasa senangnya dianggap sebagai pemain panutan untuk Virgil van Dijk. Di unggahan Instastorynya, Hyypia memposting foto dirinya bersama van Dijk dengan menambahkan emot semangat.