Kabar Terbaru Stefano Fiore, Saksi Kepedihan Italia di Final Euro 2000

Football5star.com, Indonesia – Pada awal milenium, publik Stadion Olimpico memiliki pujaan baru di lini tengah. Ia adalah gelandang kelahiran Cosenza, Stefano Fiore. Ia membela Lazio selama empat musim dari 2001 hingga 2004.

Fiore dikenal pencinta sepak bola Italia sebagai gelandang serang yang kreatif dan handal secara teknik. Fiore, yang juga kerap dipasang di posisi sayap ini juga piawai mencetak gol, sehingga tak jarang pula bertugas sebagai striker.

Sebelum tenar bersama Lazio, publik sepak bola Italia sebenarnya lebih dulu mengenal Fiore saat ia masih bermain untuk Udinese pada 1999. Fiore juga sempat tercatat membela Parma di awal kariernya.

getty images

Fiore juga menjadi bagian dari timnas Italia saat alami nasib sial di partai final Euro 2000. Fiore di laga final melawan Prancis dipercaya oleh Dino Zoff untuk tampil sejak menit awal pertandingan.

Sayang kreativitas Fiore tak mampu berbuat banyak di partai final. Fiore hanya dipercaya bermain selama 53 menit melawan Prancis. Dua menit setelah ia digantikan oleh Alessandro Del Piero, Italia unggul 1-0 lewat gol Marco Delvecchio.

Gol dari Delvecchio tak berarti banyak. Gol dari Sylvain Wiltord dan David Trezeguet bawa Italia merasakan kepedihan di di final Euro 2000.

Kabar Terbaru Stefano Fiore

Pada 2011, Fiore memutuskan gantung sepatu di klub kota kelahirannya, Cosenza. Cukup lama Fiore bermain bersama Cosenza pada 2009 hingga 2011. 7 tahun kemudian, Fiore sempat tersandung kasus hukum.

11 Oktober 2018, Fiore dinyatakan bersalah atas sebuah kecelakaan kendaraan yang telah mengakibatkan seseorang meregang nyawa. Insiden tersebut terjadi di Via Flaminia, Kota Roma, 16 April 2017.

Kecelakaan tersebut melibatkan lima kendaraan berbeda yang menyebabkan 12 orang luka-luka dan meninggalnya seorang pemuda berusia 22 tahun.

Setelah melakukan penyelidikan panjang, jaksa memutuskan bahwa Fiore dianggap sebagai pihak yang bersalah atas kecelakaan beruntun tersebut. Dia bersalah karena dengan sengaja mempercepat laju kendaraannya dan tidak menjaga jarak aman dengan mobil yang berada di depannya.

Kasus hukum ini membuat Fiore jarang terdengar pemberitaannya. Kabar terbaru menyebutkan bahwa selama pandemi COVID-19, Fiore ikut aktif dalam penggalangan dana untuk masyarakat Italia.

acperugiacalcio.com

Dikutip Football5star.com dari otoetrenta.it, Sabtu (18/4/2020) Fiore bersama olahragawan Calabria menggalang bantuan untuk para korban virus corona.

Bersama olahragawan lain seperti Giovanni Tocci dan Reggio Emilia Barillo, Fiore bersama-sama mengkampenyekan untuk masyarakat bersatu melawan virus corona.

“Ini adalah gerakan kecil untuk masyarakat. Gerakan ini untuk menggalang dana dan menyalurkan bantuan kepada mereka yang terpapar virus corona,” kata perwakilan para olahragawan, Maurizio Condipodero.

Fiore yang saat ini bersama Serse Cosmi menjadi staf pelatih di Perugia juga mengakui bahwa kondisi pandemi corona begitu sulit dilewati oleh masyarakat di seluruh dunia.

“Tidak akan mudah untuk kita semua untuk menjadi normal. Kita semua berjuang untuk melawan ini semua dalam satu kapal yang sama,” kata Fiore.

“Secara psikologis, situasi ini tentu membuat kita semua sulit. Begitu juga untuk para pemain, mereka harus tetap berusaha bugar dan itu jadi tantangan tersendiri,” tambah pemain yang sudah berusia 45 tahun tersebut.

Kabar TerbaruLazioSerie A ItaliaStefano FioreUdinese