Kabar Terbaru Suchao Nuchnum, Legenda Thailand yang Berguru di Persib

Football5Star.com, Indonesia – Persib Bandung dahulu pernah memiliki gelandang yang kini melegenda di Thailand, yakni Suchao Nuchnum. Bagaimana kabar sang pemain saat ini?

Sudah berusia 37 tahun, Suchao nyatanya masih aktif bermain sebagai pesepak bola. Memang, dia tak lagi main di level tertinggi. Hal itu setelah gelandang setinggi 170 cm itu bergabung dengan klub divisi tiga Thailand, muangkan United.

Dia jua membuktikan kalau usia hanya sekadar angka. Buktinya, dalam tiga pertandingan di Muangkan United, Suchao sudah mengemas satu gol. Selain aktif sebagai pemain, Suchao Nuchnum jua beberapa kali terlihat mulai belajar ilmu kepelatihan.

Meski memang, saat ini dia belum memiliki lisensi kepelatihan. Belakangan, Suchao jua nyatanya jua larut dalam demam bersepeda. DIa beberapa kali memamerkan tengah menunggangi sepeda saat kompetisi berhenti akibat pandemi virus corona COVID-19.

Akhir Maret lalu, Suchao jua masih mengingat betul Persib Bandung. Dia terharu meski cuma sebentar memperkuat Maung Bandung, namanya dikenang oleh para pendukung.

Dok. Simamaung

“Terima kasih penggemar sepak bola Persib yang telah merindukan saya selama lebih dari 10 tahun. Persib masih menjadi kenangan indah bagi saya. Saya selalu merindukan tim itu. Banyak orang ingin saya kembali. Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya mungkin akan menjadi penggemar Persib. Semoga Persib memenangkan kejuaraan setiap tahun,” kata Suchao.

Berguru di Persib, Lalu Jadi Legenda Buriram

Suchao Nuchnum bergabung dengan Persib Bandung pada 2009 lalu. Saat itu dia datang dengan status pinjaman dari klub Thailand, TOT Sport Club. Dalam jangka waktu tersebut, Suchao terbilang cukup baik.

Pemain kelahiran Sai Yok, Kanchanaburi, Thailand itu bermain dalam 17 pertandingan dan mengemas tiga gol. Bahkan, salah satu golnya diciptakan secara indah. Hal itu saat dia mengemas salah satu gol saat Persib melawan Persik Kediri dalam laga perpisahannya di Stadion Si Jalak Harupat, 26 Januari 2010.

Dia berhasil mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangan sudut yang berbelok. Persib saat itu berhasil meraih kemenangan besar 6-1 atas Persik via gol Suchao, Cristian Gonzalez, Hilton Moreira, Niva Arianto, dan dwi gol Budi Sudarsono. Sedang Persik saat itu cuma membalas via Patricio Morales.

Usai membela Persib, Suchao Nuchnum dilepas oleh TOT dan bergabung dengan Buriram United. Bersama Buriram, dia langsung menjadi legenda dan bertahan sampai 2019 lalu. Dicatat Transfermarkt, Suchao bermain dalam 217 pertandingan dan mengemas 17 gol serta 12 assist di sana.

Sejumlah gelar jua dipersembahkan. Tak tanggung-tanggung, dia total terlibat saat Buriram United meraih total 24 gol, yakni 6 Thai League 1, 4 Thai FA Cup, 5 Thai League Cup, satu Thailand Champions Cup, 3 Premier Cup, 4 Kor Royal Cup, dan satu Mekong Club Championship.

Kabar TerbaruPersib BandungSuchao Nuchnum