Kagawa Beberkan Resep Kesuksesan Klopp

Gelandang Borussia Dortmund, Shinji Kagawa membeberkan resep kesuksesan mantan pelatihnya, Juergen Klopp. Selain itu, Kagawa berharap, Klopp bisa meraih kesuksesan bersama klubnya saat ini, Liverpool.

Kagawa pernah menjadi anak asuh Klopp ketika melatih Dortmund. Pemain berusia 26 tahun itu pertama kali berlabuh di Jerman usai dibeli Dortmund dari klub divisi dua Liga Jepang, Cerezo Osaka pada 2010 lalu.

Menurut Kagawa, kedekatan emosional dengan para pemain menjadi kunci sukses Klopp membangun sebuah tim. Dia mengaku sempat merasa sedih ketika harus berpisah dengan klopp usai memutuskan hijrah ke Manchester United.

“Aku mengingat luapan emosionalnya sepanjang waktu, selebrasi gol, motivasi bagi tim, karakter dalam berkomunikasi dan dia memberi cinta kepada setiap pemainnya,” ungkap Kagawa, seperti dilansir Omnisport.

“Setiap momen bersama dia adalah kenangan yang indah bagiku ketimbang memilih salah satu yang paling spesial. Aku juga mengenang memori indah saat meraih juara bersama dia,” imbuhnya.

“Dia memercayai dan memainkanku. Aku bukan pemain terkenal yang datang dari divisi kedua Liga Jepang, jadi aku sangat menghargai itu. Bersama dia adalah kenangan indah, gol di laga derby, golku saat memastikan gelar juara dan selebrasinya,” tutur Kagawa.

“Kepercayaan antara kami semakin membesar dan aku bisa kembali bermain bersama dia lagi. Perpisahan sedikit menyedihkan, tetapi aku menemuinya untuk mengucapkan terima kasih atas dua tahun penuh kenangan saat hampir memastikan hengkang (ke Man. United),” ujarnya.

“Ketika menemui dia untuk terakhir kalinya, air mataku keluar dengan sendirinya. Dia membantuku hingga bisa bergabuing dengan Manchester United, klub yang dikenal semua orang, klub yang aku tahu sejak kecil, hanya dalam dua tahun sejak aku pindah dari Cerezo,” paparnya.

“Menunjukkan perkembangan dan performa yang lebih baik adalah caraku membayar jasa dia. Karierku terus berjalan dan aku tidak ingin hanya ingin dikenang saat karierku bagus. Dan sekarang, aku punya pelatih baru. Aku ingin mencapai hasil yang bagus,” kata Kagawa.

“Aku tertarik dengan betapa besar dan cepatnya Klopp, manajer yang kukenal, bisa mengubah Liverpool. Dia pelatih hebat dan hasil membuktikannya. Jadi aku berharap dia meneruskannya dan aku tertarik dengan bagaimana mereka pada akhir musim,” tandasnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More