Kaka: Segalanya Dibesar-besarkan di Real Madrid

Football5star.com, Indonesia – Mantan gelandang Real Madrid, Ricardo Kaka, mengakui bermain di Santiago Bernabeu tidak mudah. Tapi, baginya itu adalah pengalaman yang sangat berharga.

Kaka sempat membela Madrid pada periode 2009-2013. Namun, kariernya tak berjalaan mulus karena ia sering cedera. Alhasil, pria asal Brasil itu jadi sasaran kritikan media-media Spanyol. Meski demikian, Kaka pun mengaku belajar banyak dari hal-hal tersebut.

Pemain Brasil Kaka
Getty Images

“Di Real Madrid semuanya akan menjadi sangat ekstrem, baik itu hal baik maupun buruk. Jadi, Anda harus menyesuaikan diri dengan cara pers dan penggemar melalui situasi yang berbeda,” kata Kaka kepada El Espectador.

Selama membela Madrid, Kaka memenangkan La Liga dan Copa del Rey. Ia juga tampil dalam 120 pertandingan di semua kompetisi dan menyumbangkan 29 gol dan 39 assist.

“Sebagai pemain, itu adalah pengalaman yang luar biasa berada di Real Madrid. Aku tumubuh dewasa di sana, terutama sebagai pribadi,” Kaka menambahkan.

Usai meninggalkan Madrid, Kaka sempat kembali AC Milan dan São Paulo. Ia kemudian berlabuh di Orlando City pada 2014-2017, sebelum memutuskan pensiun pada akhir tahun ini.

Sepanjang kariernya, Kaka tampil dalam 654 pertandingan dan melesakkan 208 gol. Ia juga memenangkan banyak trofi seperti Scudetto, Liga Champions dan Ballon d’Or.

Comments
Loading...