Kala Uruguay Meraih Trofi Piala Dunia Pertama

Football5star.com, Indonesia – Tepat hari ini 30 Juli, 89 tahun lalu Uruguay meraih trofi Piala Dunia pertama. Pada 1930, kompetisi Piala Dunia untuk pertama kalinya dihelat oleh FIFA dan Uruguay menjadi tuan rumah.

Di kompetisi pertama ini, FIFA belum menerapkan babak kualifikasi. Semua negara yang sudah menjadi anggota FIFA diundang untuk ikut serta. Karena berlangsung di Uruguay, sejumlah negara di benua Amerika berminat untuk ikut serta.

Tercatat selain tuan rumah, Argentina, Brasil, Bolivia, Chile, Meksiko, Paraguay, Peru, hingga Amerika Serikat tampil di kompetisi ini. Namun tidak bagi negara di benua Eropa, Asia bahkan Afrika.

ON This Day: Kala Uruguay Meraih Trofi Piala Dunia Pertama
thesefootballtimes.co

Perjalanan panjang dengan menggunakan kapal laut dan memakan biaya yang mahal jadi alasan sejumlah negara tidak ikut Piala Dunia 1930. Federasi sepak bola Uruguay bersama FIFA mencoba merayu negara di Eropa untuk ikut serta.

Hingga batas akhir pendaftaran, Februari 1930 tidak ada negara dari Eropa yang mau ikut serta. FIFA dan federasi sepak bola Uruguay mencoba membujuk federasi sepak bola Inggris Raya.

Saat itu padahal federasi sepak bola Inggris Raya baru mengundurkan diri dari keanggotan FIFA. FA kala itu menolak mentah-mentah tawaran untuk ikut Piala Dunia 1930.

Batas penyelenggaraan yang semakin dekat dengan komposisi peserta masih sedikit membuat presiden FIFA saat itu, Jules Rimet. Berkat pria asal Prancis itu, empat negara Eropa akhirnya bersedia ikut, mereka adalah Belgia, Prancis, Rumania, dan Yugoslavia.

Masalah-masalah lain

Sebelas peserta Piala Dunia 1930 pun resmi diumumkan. Tujuh negara berasal dari benuar Eropa ditambah empat negara perwakilan Eropa.

Piala Dunia 1930 pun resmi digulirkan pada 13 hingga 30 Juli 1930. Namun masalah masih tetap membayangi para peserta kompetisi.

Dari Belgia misalnya. Timnas Belgia tak bisa memainkan pemain andalan mereka saat itu, Raymond Braine. Braine yang mencetak 141 gol dari 142 pertandingan di Liga Belgia bersama Beerschot dilarang tampil.

ON This Day: Kala Uruguay Meraih Trofi Piala Dunia Pertama
kilverfuentes.com

Federasi sepak bola Belgia beralasan Braine tak profesional sebagai pesepak bola. Ia diketahui memiliki usaha sampingan membuka kedai kopi untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Sedangkan Rumania harus mengalami gejolak politik di detik-detik kick off Piala Dunia 1930. Raja Carol II berhasil mengambil alih tahta kerajaan.

Untungnya Raja Carol II mengeluarkan kebijakan amnesti terhadap pemain bola yang sempat diberikan oleh raja sebelumnya. Rumania pun jadi berangkat ke Uruguay.

Yugoslavia hampir absen di Piala Dunia 1930. Hal ini disebabkan kendala transportasi. Timnas Uruguay yang naik kapal laut dari Mareille menuju ke Florida dan langsung ke Uruguay terkena badai.

saat melewati laut Mediterania, badai menerjang kapal laut yang berisi skuat Yugoslavia. Bahkan kapal sempat tak bisa dihubungi. Beruntung mereka tiba beberapa hari sebelum pertandingan pertama Piala Dunia 1930.

Kegemilangan skuat Uruguay

Timnas Uruguay saat itu cukup percaya diri sebagai tuan rumah. Tim besutan Alberto Suppici tersebut memiliki penggawa yang berpengalaman di Olimpiade 1924.

Di ajang tersebut Uruguay berhasl meraih medali emas. Salah satu pemain andalan Uruguay saat itu adalah Héctor Scarone. Sebelum Luis Suarez begitu dipuja publik Uruguay, sosok satu inilah yang membuat Uruguay begitu ditakuti.

Scarone lahir pada 1898, ia tercatat membela salah satu klub terbesar di Uruguay, Nacional. Bersama klub ini, Scarone total mengoleksi 301 gol. Sama dengan Suarez, Scarone pun tercatat membela Barcelona.

Ia bergabung ke Barcelona pada musim 1926/27. Bermodalkan pemain klub Catalan itu, Uruguay melakoni laga di babak fase grup dengan mulus.

Menariknya bukan Scarone yang jadi mesin gol Uruguay. Justru pemain lain bernama Jose Cea yang catatkan 5 gol sepanjang Piala Dunia 1930.

ON This Day: Kala Uruguay Meraih Trofi Piala Dunia Pertama
thesefootballtimes.co

Setelah berhasil mengalahkan Peru dan Rumania di babak fase grup 3. Uruguay bertemu Yugoslavia di babak semifinal.

Skor besar berhasil ditorehkan tim berjuluk Los Charrúas La Celeste saat bertemu tim asal Balkan tersebut. Uruguay menang besar 6-1 dari Yugoslavia.

Kalahkan Yugoslavia, Uruguay bertemu Argentina di babak final. Bermain di Stadion Centenario, Montevideo, 30 Juli 1930, Uruguay tampil percaya diri.

Menit ke-12 mereka langsung unggul 1-0 lewat Pablo Dorado. Argentina justru balik memimpin 2-1 setelah Carlos Peucelle dan Guillermo Stabile mencetak gol.

Pada babak kedua, Uruguay mengamuk. Tiga gol berhasil mereka cetak lewat Jose Cea, Victoriano Iriate dan Hector Castro. Skor 4-2 pun jadi hasil akhir pertandingan.

Uruguay meraih trofi Piala Dunia pertama. Gelar ini kemudian mereka kembali ulangi saat Piala Dunia edisi keempat yang berlangsung di Brasil pada 1950.

Comments
Loading...