Kalah di Kandang Perseru, Dua Misi Persib Gagal Terwujud

Football5star.com, Indonesia – Dua misi yang diusung Persib di Serui gagal terwujud. Harapan mencicipi kemenangan di Stadion Marora, kandang Perseru, sekaligus mempersembahkannya untuk almarhum Ricko Andrean, tak bisa ditunaikan akibat kalah 1-2, Sabtu (29/7/2017).

Susasana duka memang masih terasa sejak sebelum laga yang dipimpin wasit Jumadi Effendi asal Malang ini dimulai. Demi mengenang almarhum Ricko, bobotoh yang wafat akibat korban pengeroyokan di laga Persib versus Persija, semua pemain mengenakan pita hitam.

Persib, yang mengusung misi besar di laga ini, coba meladeni permainan cepat yang diperagakan tuan rumah sejak awal laga. Peluang pertama langsung diperoleh striker asal Inggris, Carlton Cole, yang dimainkan sebagai starter oleh pelatih karteker Persib, Herrie Setiawan. Namun, Cole gagal mengoptimalkan umpan silang Atep.

Babak pertama sempat diwarnai friksi antara Michael Essien dan Septinus Alua, yang beberapa kali terlibat kontak fisik di lapangan. Beruntung, ketegangan keduanya tak berujung aksi tak terpuji. Pertandingan masih bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Persib yang lebih menguasai jalannya permainan selama setengah jam, masih saja menemui kebuntuan untuk bisa mencetak gol pembuka. Setali tiga uang dengan Perseru, yang belum berhasil menembus gawang Maung Bandung. Hingga babak pertama tuntas, skor kacamata tak berubah.

Selepas jeda, Perseru mencoba bangkit dengan meningkatkan tempo serangan. Septinus Alua coba melepas tembakan spekulasi jarak jauh pada menit ke-55. Akan tetapi, bola sepakannya masih melayang di atas mistar M. Natshir.

Kebuntuan kedua tim akhirnya berakhir pada menit ke-62. Perseru yang lebih beruntung karena mampu membobol gawang Natshir melalui serangan balik. Arthur Bonai mampu mengkonversi umpan silang dari sisi kiri menjadi gol.

Tuan rumah semakin terlecut dengan hadirnya gol pembuka dan terus menekan pertahanan Persib. Lima menit jelang waktu normal berakhir, Arthur Bonai yang lolos dari kawalan pemain belakang Persib mencetak gol keduanya sekaligus membawa Perseru unggul 2-0.

Dua menit berselang, Persib mendapat hadiah hiburan. Penalti diberikan wasit Jumadi Effendi untuk tim tamu yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Shohei Matsunaga. Sial bagi Persib, itu menjadi satu-satunya gol yang bisa mereka ciptakan di Serui.

Perseru memastikan kemenangan 2-1 sampai laga berakhir. Hasil ini membuat Persib terpaku di posisi ke-14 dalam klasemen akhir putaran pertama Liga 1 dengan koleksi 21 poin. Sementara, Perseru dua tingkat di bawahnya dengan torehan 14 poin.

Susunan Pemain

Perseru (4-3-3): 20-Sukasato Efendi; 95-Kalvin Wopi, 5-Boman Aime, 2-M. Zaenuri, 38-Tonny Roy Ayomi; 26-Septinus Alua (10-Omar Zeineddine 90+3′), 12-Lukas Mandowen, 14-Ronaldo Meosido; 9-Silvio Escobar, 99-Mariando Uropmabin (17-Irfan Mofu 84′), 22-Arthur Bonai
Pelatih: Agus Yuwono

Persib (4-2-3-1): 1-Natshir; 21-Henhen, 2-Wildansyah, 18-Jajang Sukmara, 6-Tony Sucipto; 23-Kim Jeffrey Kurniawan, 7-Atep (20-Bily Paji Keraf 79′), 17-Shohei Matsunaga, 5-Michael Essien (82-Tantan 69′), 11-Dedi Kusnandar; 12-Carlton Cole (24-Hariono 87′)
Pelatih: Herrie Setiawan

Comments
Loading...