Kalahkan Covid-19, Wonderkid Ajax Diajak Gabung Timnas Belanda

Football5star.com, Indonesia – Wonderkid Ajax, Ryan Gravenberch, menjadi nama terbaru yang dipanggil Frank de Boer untuk memperkuat timnas Belanda. Pemanggilan ini didapatkan Gravenberch tak lama setelah ia dinyatakan pulih dari Covid-19.

Beberapa waktu lalu, Gravenberch memang harus menepi selama berapa pekan karena dinyatakan positif mengidap Covid-19. Diagnosis tersebut membuat Gravenberch harus melewatkan dua pertandingan bersama Ajax.

Rencananya, Gravenberch akan bergabung ke dalam skuat De Oranje selepas partai persahabatan melawan Spanyol. Pemain berusia 18 tahun itu diprediksi akan melakoni debut di level senior pada partai Nations League melawan Bosnia (16/11) atau Polandia (19/11).

“Ryan Gravenberch akan bergabung ke dalam skuat timnas Belanda pada Kamis (12/11) mendatang. Gravenberch harus merelakan tempatnya di tim junior agar bisa menembus skuat senior Belanda,” tulis pernyataan Ajax dikutip dari laman resminya.

Kehadiran Gravenberch tentu menjadi angin segar buat De Boer. Pasalnya, ia sudah harus mencoret Steven Bergwijn dan Mohamed Ihattaren. Kedua pemain itu dipulangkan ke klubnya masing-masing karena dinyatakan tidak berada dalam kondisi fit.

Gravenberch merupakan pemain muda penuh potensial terbaru yang sukses menembus skuat Ajax. Sepanjang musim 2020-21, Gravenberch berhasil mengoleksi sembilan penampilan di semua kompetisi dan mampu menyumbang dua assist.

Performa apik Gravenberch di lini tengah menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan Ajax tampil gemilang musim ini. De Godenzoden saat ini menjadi pemuncak klasemen Liga Belanda dengan perolehan 21 poin dari delapan partai. Unggul selisih gol dari Vitesse yang mengintai di peringkat dua.

AjaxAjax AmsterdamBelandaRyan GravenberchTimnas Belanda