Kalahkan Indonesia dan Juara SEA Games 2019, Vietnam Menuju Piala Dunia

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-22 Vietnam sukses merebut medali emas SEA Games 2019 setelah mengalahkan timnas U-23 Indonesia, Selasa (10/12/2019). Menurut mantan pelatihnya, Steve Darby, kini menjadi momentum tepat Vietnam untuk mulai melangkah menuju Piala Dunia 2022 dan 2026.

Dalam pertandingan final di Stadion Rizal Memorial, timnas U-22 Vietnam tampil perkasa dan meraih kemenangan telak 3-0. Performa tim berjuluk The Golden Star itu memang sangat superior sejak awal SEA Games 2019 hingga final menghadapi timnas U-23 Indonesia.

Tak heran Steve Darby meyakini bahwa generasi timnas Vietnam saat ini sudah siap untuk melangkah ke level yang lebih tinggi. Pria asal Inggris itu percaya, bermodal skuat muda yag dimiliki saat ini, Vietnam berpeluang besar untuk tampil di Piala Dunia 2022 atau 2026.

“Kemenangan yang pantas untuk timnas U-22 Vietnam. Sekarang saatnya untuk para pemain tersebut untuk menjadi fondasi dalam meraih mimpi tampil pada Piala Dunia 2022 dan 2026. Dalam beberapa tahun ke depan, para pemain ini akan melangkah menuju usia emas,” ucap Steve Darby seperti dikutip Football5star.com dari Zing.vn.

Meski begitu, pria berumur 64 tahun tersebut menyarankan agar Vietnam melakukan beberapa langkah guna meningkatkan kualitas para pemainnya. “Terpenting sekarang para pemain timnas U-22 Vietnam perlu lebih banyak diberikan kondisi bermain level atas. Mereka masih akan berkembang dan mimpi ke Piala Dunia mendekati kenyataan,” urai dia.

Tak lupa, Steve Darby juga memuji peran pelatih Park Hang-seo terhadap kemajuan kualitas sepak bola Vietnam. Secara permainan, Vietnam dinilai sudah berada di level lebih baik dari negara-negara pesaingnya di Asia Tenggara.

“Timnas U-22 Vietnam menerapkan permainan sempurna. Disiplin dan minim kesalahan. Vietnam mencapai puncak kejayaan seperti yang pernah dilakukan tim pada Piala AFF beberapa tahun lalu. Ini tim yang bagus, disiplin, dan punya strategi sempurna. Para pemain bertarung dengan semangat kebersamaan di level tinggi,” bilang Steve Darby memungkasi.

Park Hang-seosea games 2019Steve Darbytimnas u-22 vietnamTimnas U-23 Indonesia