Awal Apik AS Roma di Liga Europa

Football5star.com, Indonesia – AS Roma mengawali kembalinya mereka ke Liga Europa dengan apik. Menjamu Istanbul Basaksehir, Jumat (20/9) pagi, tim ibu kota menang tiga gol tanpa balas. Hasil ini mengantarkan mereka ke puncak klasemen sementara Grup J.

Ini merupakan pertama kalinya Roma berpartisipasi di Europa League sejak 2017. Dua musim belakangan, tim ibu kota selalu berhasil lolos ke kompetisi antarklub paling elit di Eropa, Liga Champions.

Babak pertama menjadi milik AS Roma berkat gol bunuh diri oleh Junior Caicara pada menit ke-42. Berawal dari tendangan Leonardo Spinazzola yang tak maksimal diantisipasi dengan baik oleh pemain kelahiran Sao Paulo tersebut.

Meski unggul pada babak pertama, laga cenderung berjalan rumit untuk tim tuan rumah. Basaksehir berhasil mengimbangi permainan anak asuh Paulo Fonseca sepanjang paruh pertama jika dilihat dari catatan penguasaan bola.

AS Roma vs Istanbul Basaksehir - Liga Europa - Football5star -
uefa.com

Kedua tim berbagi 50 persen aliran bola sepanjang 45 menit awal. Akan tetapi, Giallorossi bermain lebih efektif dengan lesatkan empat tembakan ke arah gawang. Satu di antaranya berbuah gol. Pelanggaran juga lebih banyak dilakukan Roma yakni sembilan kali, berbanding tiga untuk tim tamu.

Jeda babak pertama dimanfaatkan dengan baik oleh Fonseca untuk memantapkan taktik. Hasilnya, gol murni AS Roma baru datang pada babak kedua. Edin Dzeko menjadi pencetak gol pertama tim ibu kota di Liga Europa musim ini lewat sontekannya pada menit ke-58.

Hanya berselang 13 menit, tuan rumah kembali menambah perolehan golnya. Kali ini giliran Nicolo Zaniolo yang berhasil memaksa Mert Guenok memungut bola dari gawangnya. Tendangannya gagal diantisipasi oleh kiper berusia 30 tahun tersebut.

Sebelum pertandingan benar-benar berakhir, Justin Kluivert jadi pemain terakhir yang mencetak gol di laga itu. Menerima umpan Zaniolo, ia lantas mengecoh Caicara sebelum menceploskan bola ke gawang. Keunggulan 4-0 bertahan hingga pertandingan selesai.

Susunan Pemain

AS Roma (4-2-3-1): Pau López, Leonardo Spinazzola, Federico Fazio, Juan Jesus, Aleksandar Kolarov, Bryan Cristante (Veretout 72′), Amadou Diawara, Nicolò Zaniolo, Justin Kluivert, Javier Pastore (Pellegrini 64′), Edin Dzeko (Kalinic 74′).
Pelatih: Paulo Fonseca
Kartu Kuning: Juan Jesus 66′, Veretout 73′

Istanbul Basaksehir (4-3-3): Mert Günok, Gaël Clichy Júnior Caiçara, Mahmut Tekdemir, Carlos Ponck, İrfan Kahveci, Danijel Aleksić (Azubuike 69′), Mehmet Topal, Arda Turan (Crivelli 64′), Edin Višća, Fredrik Gulbrandsen (Ba 77′).
Pelatih: Okan Buruk
Kartu Kuning: –

Comments
Loading...