Kalahkan Italia, Timnas U-17 Belanda Juara Euro U-17

Football5star.com, Indonesia – Masa depan timnas Belanda akan sangat cerah beberapa tahun ke depan. Ini dibuktikan dengan keberhasilan tim U-17 mereka menjuarai Euro U-17 setelah mengalahkan Italia U-17 dengan skor 4-2.

Tanda-tanda keberhasilan Belanda U-17 ini sejatinya sudah terlihat sejak babak kualifikasi. Mereka tercatat hanya kalah sekali sepanjang turnamen yang berlangsung di Republik Irlandia tersebut.

Di semifinal pun mereka tampil digdaya dengan mengalahkan Spanyol U-17 1-0. Melaju ke final membuat Ian Maatsen dan kolega menghadapi Italia U-17 yang menyingkirkan Prancis U-17.

@Azzurri

Sebelum laga berlangsung banyak yang mengira jika Negeri Kincir akan kesulitan menghadapi Azzurrini. Apalagi di semifinal mereka berhasil mengalahkan Prancis, yang notabene jadi satu-satunya tim yang mengalahkan Belanda sepanjang turnamen.

Tapi anggapan tersebut sama sekali tidak terbukti. Bahkan pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Tallaght tersebut De Oranje sudah unggul 3-0 pada babak pertama. Sontje Hansen, Naoufal Bannis, dan Ian Maatsen sukses membuat satu kaki mereka mengangkat gelar.

Pada babak kedua Italia U-17 sempat menggebrak setelah Lorenzo Colombo berhasil memperkecil ketinggalan. Namun, gol Naci Unuvar pada menit ke-70 kian menjauhkan keunggalan Belanda. Hal ini pun membuat gol kedua Colombo jelang akhir pertandingan menjadi tidak berarti.

@FIFAcom

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan Ki Jana Hoever dkk berhasil menjadi yang terbaik di Eropa untuk kelompok usia 17 tahun. Kesuksesan ini sekaligus jadi yang kedua bagi mereka.

Di sisi lain, keberhasilan anak asuh Peter van der Veen menjadi juara Euro U-17 membuat mereka memastikan diri tampil di Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung di Brasil mendatang.

Belanda U-17Euro U-17Italia U-17