Kalahkan Paraguay, Kolombia Juara Grup B Copa America

Football5star.com, Indonesia – Kolombia menyempurnakan perjalanannya di fase grup Copa America dengan mengalahkan Paraguay di laga terakhir Grup B. Bermain di Arena Fonte Nova, Senin (24/6/2019) anak asuh Carlos Queiroz menang tipis 1-0.

Kendati hanya menang tipis, Kolombia mampu mencatatkan poin sempurna sembilan hasil dari tiga kemenangan dari tiga pertandingan. Dengan kata lain mereka tampil sebagai juara grup dengan terpaut lima poin dari Argentina di peringkat kedua.

Pertandingan kedua tim sejatinya berjalan menarik. Paraguay yang masih memiliki peluang lolos ke perempat final langsung menekan pertahan Kolombia. Peluang pertama pun mereka dapatkan melalui tendangan Derlis Gonzales pada menit ketiga. Tapi peluangnya kali ini masih melebar.

kolombia vs paraguay (@CopaAmerica)
@CopaAmerica

Tapi hanya sampai di situ perlawanan tim besutan Eduardo Berizzo. Setelah laga berjalan 15 menit justru Radamel Falcao dkk yang gantian menguasai jalannya pertandingan.

Hasilnya pun terlihat ketika laga memasuki menit ke-31. Gustavo Cuellar berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan matang dari Santiago Arias. Gol ini sekaligus menutup babak pertama.

Tidak banyak perubahan yang terjadi di babak kedua. Paraguay yang mencoba menekan gagal menembus pertahanan rapat Kolombia yang dikawal Christian Zapata. Bahkan melalui skema serangan yang rapi anak asuh Carlos Queiroz mampu menggandakan keunggulan melalui sontekan Luiz Diaz.

Akan tetapi gol tersebut dianulir wasit setelah melihat tayangan ulang Video Assistant Referee (VAR). Sang pengadil menganggap jika Luiz Diaz sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

Kendati begitu gol yang dianulir tersebut tidak membuat mereka mengendurkan serangan. James Rodriguez bahkan nyaris mencetak gol kedua andai tendangannya tidak dimentahkan kiper lawan.

Sampai pertandingan berakhir tidak ada gol tambahan yang tercipta. Kemenangan 1-0 ini pun sudah cukup untuk meloloskan Kolombia ke perempat final Copa America 2019 dengan status juara Grup B.

Susunan Pemain:

Kolombia (4-3-3): 22-Alvaro Montero; 17-Cristiano Borja, 21-Jhon Lucumi, 2-Christian Zapata, 4-Santiago Arias; 16-Jeferson Lerma, 18-Gustavo Cuellar, 8-Edwin Cardona (Wilmar Barrios 85′); 14-Luis Diaz, 9-Radamel Falcao (Duvan Zapata 66′), 11-Juan Cuadrado (James Rodriguez 58′)
Pelatih: Carlos Queiroz

Paraguay (4-4-1-1): 12-Roberto Fernandez; 2-Ivan Piris, 15-Gustavo Gomez, 13-Junior Alonso, 18-Santigao Arzamendia; 20-Matias Rojas (Cecilio Dominguez 46′), 8-Rodrigo Rojas (Juan Iturbe 63′), 6-Richard Sanchez, 10-Derlis Gonzalez (Oscar Romero 82′); 23-MIguel Almiron; 7-Oscar Cardozo
Pelatih: Eduardo Berizzo

Comments
Loading...