Kaleidoskop 2017: 5 Peristiwa Dramatis Sepak Bola Dunia

Football5star.com, Indonesia – Sepanjang 2017 banyak momen dramatis terjadi di sepak bola dunia. Semua tim berlomba-lomba sekuat tenaga untuk mencapai target mereka. Ada yang gagal secara dramatis, tapi ada juga yang berhasil.

Salah satu contohnya adalah Timnas Italia. Gli Azzurri secara mengejutkan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia setelah disingkirkan Swedia di babak playoff. Contoh lain adalah Barcelona yang melakukan comeback mustahil dengan menyingkirkan PSG di babak perdelapan final Liga Champions.

Football5star mencoba merangkum 5 peristiwa dramatis di sepak bola sepanjang 2017. Berikut ulasannya.

Italia Gagal ke Piala Dunia
Timnas Italia Vs Timnas Albania (zimbio.com)5
zimbio.com

Apa yang paling ditakutkan rakyat Italia akhirnya terjadi juga. Gli Azzurri, julukan Timnas Italia, gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Ini adalah momen paling memalukan dalam sejarah sepak bola Negeri Pisa.

Pasukan Giampiero Ventura disingkirkan Swedia di babak playoff dengan agregat 0-1. Buntut dari kegagalan ini adalah Ventura dipecat dan Carlo Tavecchio mundur dari jabatannya sebagai Presiden FIGC.

Hingga kini, FIGC juga belum juga memilih pelatih baru untuk menukangi Andrea Belotti dan kawan-kawan.

Comeback Sempurna Barcelona
zimbio.com

Barcelona nyaris terhenti pada 16 Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2006-2007. Anak asuh Luis Enrique itu kalah 0-4 dari Paris Saint-Germain pada leg pertama di Parc des Princes.

Akan tetapi, secara dramatis, Los Cules akhirnya lolos ke perempat final dengan agregat 6-5, setelah pada pertemuan kedua di Camp Nou menang 6-1 atas PSG. Pada laga tersebut, Barca mencetak dua gol di masa injury time.

Tak pernah ada tim sebelumnya yang melakukan comeback empat gol di Liga Champions.

Penalti Salah Bawa Mesir ke Piala Dunia
bleacherreport.net

Winger Liverpool, Mohamed Salah berhasil membawa negaranya, Mesir, lolos ke Piala Dunia 2018. The Pharaohs menang 2-1 atas Kongo dalam laga terakhir Grup E babak kualifikasi zona Afrika.

Salah tampil sebagai pahlawan Mesir lewat dua golnya. Gol kedua Salah lahir lewat ttitik penalti pada injury time. Usai peluit akhir berbunyi, penonton di Borg El Arab Stadium langsung mengagung-agungkan Salah bak raja Mesir.

Pencapaian ini juga mengakhiri penantian Mesir yang telah absen dari Piala Dunia sejak 1990.

Chapecoense Lolos dari Degradasi
Kegembiraan Chapecoense pastikan bertahan di Serie A Brasil.
sportscanyon.com

Chapecoense kembali menyita perhatian. Setelah tahun lalu menjadi sorotan karena mengalami tragedi kecelakaan pesawat yang membuat mereka kehilangan para pemain terbaiknya, kini cerita yang dibuat berbeda lagi.

Di Liga Brasil, Chapecoense sempat membuat kejutan ketika pada Mei 2017 berhasil memuncaki klasemen. Namun, setelah itu, mereka terpuruk hingga masuk zona degradasi. Mereka bahkan sempat dua kali berganti pelatih.

Klub yang ditahbiskan sebagai juara Copa Sudamericana 2016 itu secara dramatis memastikan diri lolos dari jerat degradasi saat kompetisi menyisakan tiga pekan. Kemenangan 2-1 atas Vitoria pada 16 November 2017 memastikan mereka bertahan di Serie A Brasil.

Sihir Messi Bawa Argentina ke Piala Dunia
Messi, Takut, Argentina, Bertemu, Spanyol
Getty Images

Lionel Messi membawa Argentina lolos dari lubang jarum. Tim Tango maju ke putaran final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Ekuador 3-1 pada laga pamungkas kualifikasi.

Dalam laga yang digelar di Estadio Olímpico Atahualpa, ketiga gol Argentina diborong oleh Messi. Menghadapi Ekuador merupakan laga hidup mati bagi Argentina. Pasalnya, Argentina harus menang untuk lolos ke Piala Dunia 2018.

Tak terbayangkan bagaimana Piala Dunia 2018 jika tak ada Messi di dalamnya. Apalagi Rusia 2018 kemungkinan jadi Piala Dunia terakhir bagi pemain berjuluk La Pulga yang diakui sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Comments
Loading...