Kaleidoskop 2017: 5 Rekor Terapik Sepak Bola Dunia

Football5Star.com, Indonesia – Tahun 2017 dipenuhi dengan berbagai rekor apik di dunia sepak bola. Berbagai rekor individu maupun klub pecah di tahun ini.

Dengan semakin banyak data statistik yang bertebaran di atas lapangan hijau saat ini, rekor-rekor memang tak ubahnya sebuah hiburan ketimbang prestasi. Bagaimanapun, memecahkan sebuah rekor tetap bukanlah perkara mudah.

Butuh kerja keras untuk bisa melampaui atau (minimal) menyamai sebuah rekor. Oleh sebab itu, ada baiknya kita melihat kembali rekor-rekor indah yang tercipta pada tahun ini.

Berikut ini Football5Star menyajikan lima rekor paling elok yang tersaji sepanjang 2017.

La Duodecima Madrid

Madrid, Ketiga, Terkaya, Forbes

Real Madrid memantapkan diri sebagai klub tersukses di ajang Liga Champions. Mereka berhasil meraih trofi ke-12 nya berkat kemenangan 3-1 atas Juventus di partai final yang digelar di Stadion Millenium, Cardiff pada Juni lalu.

Los Blancos juga menjadi klub pertama yang berhasil mengangkat ‘Si Kuping Besar’ dua musim berturut-turut sejak AC Milan pada 1988-89 dan 1989-90. Hal serupa juga berlaku bagi Zinedine Zidane. Dia menjadi pelatih pertama yang juara secara back to back pada era Liga Champions.

Kedigdayaan Si Nyonya Tua

paulo dybala, juventus, gonzalo higuain

Jika keberuntungan belum memihak Juventus di ajang Liga Champions, lain ceritanya dengan di ajang Liga Italia. Mereka berhasil menjuarai Liga Italia untuk yang keenam kalinya secara berturut-turut.

Tidak pernah ada klub yang berhasil mendominasi Liga Italia dalam enam tahun beruntun sebelumnya. Oleh sebab itu, Bianconeri tentu patut berbangga.

Senyum Juventus dipastikan semakin lebar mengingat mereka begitu kokoh sebagai peraih trofi Liga Italia terbanyak sepanjang sejarah (31 kali), unggul 13 trofi atas AC Milan yang berada di peringkat kedua.

Manchester City yang Tak Tertundukkan

manchester city vs bournemouth (zimbio.com)2

Manchester City memang tampil kurang memuaskan pada musim 2016-17 lalu. Namun, di musim 2017-18 sejauh ini, mereka berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai calon juara Liga Inggris terkuat.

Skuat asuhan manajer Pep Guardiola itu menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan dalam 20 pertandingan. Hebatnya lagi, mereka menyapu bersih 18 laga terakhir.

Dengan demikian, The Citizens adalah klub yang berhasil meraih kemenangan beruntun terbanyak di Liga Inggris, melewati rekor milik Arsenal (14 kali). Yang lebih mengerikan, angka tersebut nampaknya masih akan terus bertambah.

Messi Lampaui Mueller

lionel messi, barcelona

Lionel Messi benar-benar suka memecahkan rekor. Tahun 2017 , ia memecahkan rekor legenda Jerman dan Bayern Munich, Gerd Mueller.

Berkat satu gol nya ke gawang Real Madrid pada 23 Desember lalu, pemain asal Argentina tersebut total telah mencetak 526 gol bersama Barcelona. Ia menjadi top skorer bagi sebuah klub di antara klub-klub lima liga top Eropa.

Sebelumnya, rekor itu dipegang oleh Mueller, yang total mencetak 525 gol selama membela Bayern dari tahun 1964 hingga 1979.

Bayern Juara Bundesliga 1 Lima Kali Beruntun
Bayern Munich, Bundeliga 1, Liga Jerman,
Twitter @Bundesliga_EN

Kedigdayaan Bayern Munich di Bundesliga 1 belum bisa digoyang oleh siapa pun. Musim 2016-17, mereka kembali menahbiskan diri sebagai juara dengan keunggulan lima poin dari sang runner-up. Bayern mengakhiri musim dengan koleksi 82 poin, sedangkan RasenBallsport Leipzig yang berada di posisi kedua hanya meraup 67 poin.

Keberhasilan kali ini membuat Bayern membuat rekor juara Bundesliga 1 dalam lima musim secara beruntun. Die Roten adalah klub pertama yang mampu melakukan hal tersebut. Eloknya lagi, Bayern pun sepanjang 2017 tak terkalahkan saat menjalani laga kandang di Bundesliga 1.

Comments
Loading...