Kaleidoskop 2018: 5 Momen Dramatis Sepak Bola Indonesia

Football5star.com, Indonesia – Berbagai momen penting telah mewarnai sepak bola Indonesia sepanjang 2018. Mulai dari bergulirnya Liga 1, hingga beberapa kejuaraan internasional yang menyajikan cerita dramatis bagi seluruh pencinta sepak bola.

Di Liga 1, ada beberapa momen yang mampu mencuri perhatian dari para pecinta sepak bola. Selain itu, Liga 1 juga kedatangan tiga tim anyar, PSS Sleman, Kalteng Putera dan Semen Padang yang menapatkan jatah promosi dari Liga 2. Ketiga tim itu menggantikan posisi PSMS Medan, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar yang tergusur ke Liga 2.

Di level internasional, ada beberapa kompetisi yang membuat para pecinta sepak bola Indonesia berdebar. Berikut ini Football5Star.com merangkum 5 momen dramatis sepak bola Indonesia sepanjang 2018.

Persija Jakarta vs Mitra Kukar
Persija Jakarta vs Mitra Kukar - Liga 1 - Juara - @Persija_Jkt
@Persija_Jkt

Persija Jakarta dan Mitra Kukar bertemu di partai penutup Liga 1 musim ini. Di partai ini, kedua tim sama-sama mengincar kemenangan untuk misi yang berbeda. Persija harus meraih kemenangan untuk meraih gelar juara Liga 1. Sementara itu, Mitra Kukar wajib meraih kemenangan untuk mempertahankan posisinya di Liga 1.

Di partai itu, Macan Kemayoran langsung tampil menyerang dan mampu unggul lewat gol Marko Simic di  menit ke-17. Simic berhasil menggandakan keunggulan Persija di babak kedua.

Mitra Kukar sebennarnya memiliki peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan. Tapi, penalti dari Fernando Rodriguez berhasil dipatahkan oleh Andritany Ardhiyasa. Mitra Kukar pun akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan lewat Aldino Herdianto di menit ke-88.

Indonesia U-23 vs Uni Emirat Arab U-23

Shaun Evans-Indonesia vs Uni Emirat Arab (UEA)-kaltim_prokal_co-Football5star

Langkan Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018 harus terhenti di tangan Uni Emirat Arab. DI partai tersebut, Indonesia sempat dua kali tertinggal lewat dua gol penalti dari tim tamu. Namun, Stefano Lilipaly berhasil memberikan harapan dengan mencetak gol penyama kedudukan di injury time babak kedua.

Di babak perpanjangan waktu, kedua tim sama-sama saling jual beli serangan. Tapi, tak ada gol yang tercipta dan pertandingan pun berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak tos-tosan, Lilipaly, Beto Goncalves dan Hargianto berhasil menjalankan tugasnya dengan maksimal. Namun, Septian David Maulana dan Saddil Ramdani gagagal mengeksekusi penalti. Indonesia pun harus mengakui keunggulan Uni Emirat Arab  dengan skor 4-3 di babak adu penalti.

Persib Bandung vs Persija Jakarta
persib-persija-wartakota-football5star
wartakota

Partai yang mempertemukan dua seteru abadi, Persib Bandung dan Persija Jakarta, berjalan dengan tensi tinggi. Kedua tim sama-sama ingin membawa pulang tiga poin dan akan melakukan apapun demi meraih kemenangan. Persib dan Persija sama-sama bermain keras cenderung kasar. Wasit pun harus mengeluarkan 5 kartu kuning untuk masing-masing tim.

Maung Bandung berhasil meraih keunggulan melalui Ezechiel N’Douassel. Namun, Persija berhasil menyamakan kedudukan lewat Jaimerson Xavier. Di babak kedua, Persib berhasil mencetak gol lewat Jonathan Bauman. Namun, Macan Kemayoran lagi-lagi bisa menyamakan kedudukan. kali ini giliran Rohit Chand.

Di penghujung pertandingan, terjadi sebuah kemelut di mulut gawang Andritany Ardhiyasa. Bojan Malisic pun berhasil menceploskan bola ke dalam gawang dan memastikan Maung Bandung mendapat tiga angka.

Mata Najwa
Januar Herwanto - Madura FC - Mata Najwa - narasi.tv
narasi.tv

Acara Mata Najwa yang disiarkan pada 28 November lalu berhasil membuka borok sepak bola Indonesia. DI acara tersebut, manajer Madura FC, Januar Herwanto mengatakan bahwa Hidayat yang merupakan anggota Komite Eksekutif PSSI terlibat pengaturan skor.

Selain itu, nama Vigit Waluyo juga terseret di maslaah pengaturan skor Liga Indonesia. Manajer PS Mojokerto Putra itu disebut-sebut sebagai ‘raja’ dari seluruh pengaturan skor yang terjadi di Liga 2.

Selanjutnya, Mata Najwa berhasil membuka bahwa kiprah Piala Indonesia di ajang Piala AFF 2010 meiliki adanya indikasi suap. Tuduhan ini pun menyeret nama bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman.

Indonesia U-19 vs Qatar U-19
Timnas U-19 Indonesia vs Timnas U-19 Qatar Piala AFC U-19 2018 Football5star (the-afc.com)
the-afc.com

Partai seru terjadi di ajang Piala Asia U-19 yang mempertemukan tim tuan rumah, Indonesia melawan Qatar. Partai ini berjalan dengan sangat seru karena ada 11 gol yang tercipta.

Di babak pertama pertandingan, Qatar mampu tampil mendominasi. Mereka pun berhasil mencetak empat gol ke gawang Muhammad Riyandi. Sementara Indonesia hanya mampu mencetak satu gol melaui Muhammad Luthfi Kamal.

Di babak kedua, Skuat Garuda berhasil bangkit. Masuknya Todd Rivaldo Ferre berhasil mengubah jalannya pertandingan. Penggawa Persipura Jayapura itu berhasil mencetak hat-trick. Selain itu, Saddil Ramdani juga berhasil mencetak satu gol. Namun, Qatar berhasil mencetak dua gol di paruh kedua. Pertandingan pun berakhir dengan skor 6-5 untuk keunggulan tim tamu.

Comments
Loading...