Kaleidoskop 2018: 5 Momen Lucu dan Konyol di Sepak Bola Dunia

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola bukan hanya soal menang dan kalah, main cantik dan menjemukan. Sepak bola juga tentang tawa. Ada banyak kejadian di lapangan dan dunia sepak bola yang membuat para penonton terpingkal-pingkal, mungkin malah sambil merutuk juga, karena terlihat lucu dan konyol. Salah satunya tingkah Neymar di Piala Dunia 2018.

Sepanjang 2018, kelucuan dan kekonyolan itu juga terhampar di lapangan hijau. Tak terkecuali di pentas akbar Piala Dunia 2018 dan final Liga Champions 2017-18. Dari sekian banyak kelucuan dan kekonyolan itu, berikut ini Football5Star.com menyajikan lima di antaranya.

Blunder Karius di Final Liga Champions

Final Liga Champions 2017-18 seharusnya menjadi momen paling dikenang oleh Loris Karius. Untuk kali pertama sepanjang kariernya, kiper Jerman tersebut mencicipi partai puncak ajang antarklub terakbar di Eropa. Namun, yang terjadi kemudian, final itu menjaid momen yang paling ingin dilupakannya.

Itu karena Karius menjadi aktor penyebab kekalahan Liverpool dari Real Madrid. Tiga gol Los Blancos dipandang banyak orang seharusnya bisa dicegah Karius. Dari semua itu, blunder yang berbuah gol pertama Madrid adalah yang paling disesalkan.

Menangkap bola dari umpan jauh pemain lawan, Karius terbilang bebas di wilayahnya. Hanya ada Karim Benzema di dekatnya. Namun, bermaksud memulai serangan lebih cepat, bola yang dilepaskan dari tangannya dapat dicocor Benzema dan bergulir ke dalam gawang. Gol itu menjadi penyeimbang 1-1 dan titik balik kebangkitan Los Blancos.

Erangan Dramatis Neymar

Di pentas Piala Dunia 2018, Neymar menjadi topik pembicaraan saat timnas Brasil menang atas timnas Meksiko. Namun, dia jadi buah bibir bukan karena penampilan briliannya, melainkan gara-gara tingkahnya yang dianggap terlalu berlebihan saat dilanggar lawan.

Insiden berawal dari perebutan bola yang membuat Neymar terjatuh di luar lapangan. Saat merutuk dan masih terduduk, datang Miguel Layun yang hendak merebut bola. Kaki gelandang Meksiko itu pun mengenai tulang kering Neymar. Seketika, sang megabintang mengerang dan berguling-guling secara dramatis, padahal sentuhan Layun tidaklah keras.

Tak ayal, itu menjadi olok-olokan di media sosial. Banyak orang yang menilai penggawa Brasil itu berlebihan dan pantas dianugerahi Piala Oscar. Menariknya, insiden itu jadi inspirasi salah satu sponsornya, Gillette, sebagai materi iklan. Mereka membuat pernyataan maaf dari sang megabintang. Untuk itu, Neymar mendapat  1 juta real Brasil (sekitar Rp3,85 miliar).

Gol Bunuh Diri Zieler

Saat VfB Stuttgart menghadapi SV Werder Bremen pada 29 September 2018, insiden tak mengenakkan dialami Ron-Robert Zieler. Kiper ketiga timnas Jerman saat juara Piala Dunia 2014 itu melakukan kekonyolan luar biasa yang berbuah gol bunuh diri memalukan.

Pertandingan memasuki menit ke-68 ketika Stuttgart mendapatkan lemparan ke dalam di sisi kiri pertahanan. Bek Borna Sosa melepaskan bola ke kotak penalti. Zieler yang saat itu tengah membetulkan kaus kakinya terperanjat. Secara spontan, dia berlari mengejar bola dan ujung sepatunya sempat mengenai si kulit bulat sebelum melesak ke dalam gawangnya.

Alhasil, karena sentuhan itu, gol bunuh diri pun sah terjadi. Seperti dinyatakan dalam peraturan sepak bola yang dirilis FIFA, bola dari lemparan ke dalam yang masuk ke gawang tak dapat disahkan sebagai gol andai tak terlebih dahulu menyentuh pemain lain, entah itu pemain lawan ataupun kawan.

Pencurian Memo oleh Raul Rusescu

Pelatih memberikan instruksi khusus dalam secarik kertas yang dioperkan dari satu pemain ke pemain lain adalah pemandangan yang cukup sering terlihat di lapangan hijau. Namun, kejadian menarik tersaji saat Steaua Bucuresti melawan Rapid Wien pada laga Liga Europa pada 30 Agustus 2018.

Ketika Rapid hendak menghadapi set piece Steaua, pelatih Goran Djuricin memberikan memo kepada Stefan Schwab. Namun, apa daya, sang pemain gagal menerima pesan di memo tersebut. Gara-garanya, begitu menerima memo itu dari temannya, striker Raul Rusescu mencurinya dan lantas melemparkannya ke lapangan.

Beruntung bagi Rapid, tanpa memo itu, mereka hanya kalah 1-2. Hasil itu membuat mereka tetap lolos ke fase grup karena unggul agregat 4-3.

Miazga Mengejek Tinggi Badan Lainez

Amerika Serikat vs Meksiko adalah rivalitas terpanas di Amerika Utara. Hal itu pula yang tersaji saat kedua tim bertemu pada 11 September 2018. Meskipun bertajuk laga persahabatan, atmosfer tetap panas. Puncaknya saat terjadi konfrontasi Matt Miazga dengan Diego Lainez.

Berawal dari pergerakan Lainez mengejar umpan silang di sektor kiri pertahanan Amerika Serikat, Miazga dengan sigap menyergap. Dia berhasil mengamankan bola yang dikejar Lainez. Duel tak terhindarkan, Lainez lantas menarik kaus bek Sam’s Army tersebut.

Miazga yang kesal langsung menatap tajam ke wajah Lainez. Adu mulut tak terhindarkan. Lalu, tiba-tiba saja Miazga menggerakkan tangannya di ke atas dan ke bawah di muka Lainez. Dia mengejek sang lawan yang berpostur lebih pendek dari dirinya. Ejekan serupa dilakukannya lagi saat sudah dipisahkan oleh para pemain lain.

Comments
Loading...