Kaleidoskop 2018: 5 Momen Penting Sepak Bola Indonesia

Football5star.com, Indonesia – Tak terasa tahun 2018 sudah berakhir. Sepanjang tahun itu, ada banyak momen penting di sepak bola nasional. Salah satunya adalah kompetisi Liga 1 Indonesia. Kompetisi itu digelar dari 23 Maret hingga 9 Desember 2018 yang dimenangi Persija Jakarta.

Selain itu, ada beberapa momen penting lainnya seperti Piala Presiden hingga Piala AFF U-16. Football5star.com mencoba merangkum 5 momen penting di sepak bola nasional sepanjang 2018. Berikut adalah ulasannya.

Persija Juara Piala Presiden 2018
Gunawan Dwi Cahyo - Persija Jakarta - Bali United - Mediashare Persija
persija.id

Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018. Macan Kemayoran sukses mengalahkan Bali United di partai puncak dengan skor 3-0.

Bomber Persija asal Kroasia, Marko Simic, jadi momok menakutkan di turnamen ini. Ia sukses melesakkan 11 gol, hanya dalam enam pertandingan.

Kesuksesan Riko Simajuntak dan kawan-kawan ini mendongkrak semangat untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2018.

Persija Juara Liga 1
Persija vs PS Tira - Liga 1 - Wibawa Mukti - @Liga1Match
Twitter @Liga1Match

Tahun 2018 benar-benar menjadi momen prestasi bagi Persija. Selain Piala Presiden, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan juga sukses menjuarai Liga 1.

Persija unggul tipis satu poin atas PSM Makassar yang menjadi runner up di klasemen akhir. Penentuan juara terjadi pada pekan terakhir. Kemenangan atas Mitra Kukar memastikan Macan Kemayoran berpesta karena urung dikudeta Juku Eja.

Ini adalah gelar juara liga pertama Persija dalam 17 tahun terakhir. Terakhir kali Macan Kemayoran juara pada 2001 lalu. Tak heran bila euforia meledak di ibu kota.

Timnas U-16 Juara Piala AFF
Bagas Kaffa - AFC U-16 2018 - Timnas U-16 2018
riaumandiri.com

Timnas Indonesia U-16 Indonesia berhasil menjuarai Piala AFF U-16. Skuat Garuda Muda menang adu penalti atas Thailand di partai final. Anak-anak muda asuha Fakhri Husaini pun memesona para pencinta sepak bola dengan permainan rancak dan penuh semangat.

Keberhasilan timnas U-16 merebut gelar juara dilengkapi prestasi Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri. Striker Garuda Muda itu jadi top skor turnamen ini dengan 12 gol.

Meskipun demikian, sapu bersih urung dilakukan karena gelar pemain terbaik disambar penggawa Thailand, Thanarin Thumsen.

Aleksandar Rakic Tersubur di Liga 1
Aleksandar Rakic - PS Tira - Liga 1 - Tribun
tribunnews.com

Striker Serbia, Aleksandar Rakic, berhasil menjadi pencetak gol terbanyak kompetisi Liga 1 Indonesia. Pemain yang membela PS Tira itu melesakkan 21 gol dalam 34 pertandingan. Ia unggul satu gol atas David Da Silva (Persebaya Surabaya). Gol-gol Rakic sangat membantu PS Tira lolos dari jeratan degradasi.

ketajaman Rakic sepanjang musim ini menjadi kejutan tersendiri. Pasalnya, dia tak terlalu dianggap saat musim bergulir. Striker Persija Jakarta, Marko Simic, justru lebih diunggulkan untuk menjadi pemain tersubur karena performa apik sepanjang Piala Presiden 2018.

Prestasi ini Rakic pun patut diacungi jempol. Sebab, ini adalah musim pertamanya main di Indonesia.

Rohit Chand Pemain Terbaik Liga 1
Rohit Chand Jadi Pemain Terbaik Liga 1 2018
thehimalayantimes.com

Gelandang Persija, Rohit Chand, berhasil menjadi Pemain Terbaik Liga 1. Ia mengalahkan mengalahkan dua kandidat lain yaitu Willem Jan Pluim (PSM Makassar) dan David Aparecido da Silva (Persebaya Surabaya).

Prestasi ini mengejutkan. Bukan hanya para pencinta sepak bola nasional, Rohit pribadi pun tak menyangka dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga 1. Maklum, statistiknya tidaklah memukau. Sepanjang musim ini, Rohit tampil dalam 31 pertandingan dengan membuat tiga gol dan dua assist.

Meskipun demikian, pihak penyelenggara Liga 1 tentu punya kriteria pasti dan gelar itu tetap harus dihormati. Apalagi, Rohit berhasil membawa Persija Jakarta merebut gelar juara liga untuk kali pertama dalam 17 tahun terakhir.

Comments
Loading...